Monday, December 14, 2020

COBA SAJA DAHULU

 


Awal perjalanan masuk ke PMKRI saya belum pernah membayangkan bisa menjadi seperti sekarang ini.

Diakhir tahun 2016 saya di ajak ke PMKRI oleh bang Andi Ewon salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya yang satu tahun terlebih dahulu dibandingkan dengan saya. Awalnya saya tidak tahu apa itu PMKRI, yang hanya ada terlintas di benak saya PMKRI adalah sebuah tempat berkumpulnya Orang Muda Katolik dengan kegiatan kerohanian seperti berdoa, bermazmur, berkumpul sharing pengalaman dan lain sebagainya.

Bayang-bayang tidak pernah mengenal organisasi membuat saya tidak terlalu berminat untuk terjun bergabung di sana. Hanya saja waktu itu banyak sekali senior yang dengan sabar memberikan saya pemahaman mengenai apa itu PMKRI, sehingga saya di ajak terus untuk berdiskusi bersama di Margasiswa.

Margasiswa itu sendiri adalah sebutan tempat berkumpulnya anak-anak PMKRI untuk berdiskusi, menuangkan ide dan gagasan. Didalamnya terdapat banyak sekali ragam sifat dan perilaku manusia dari berbagai suku, etnis dan budaya menjadi satu wadah sehingga dikenal dengan sebutan Margasiswa PMKRI.

Bulan November tahun 2016 saya resmi bergabung di PMKRI melewati pendidikan formal PMKRI katanya yaitu Masa Penerimaan Anggota Baru. Di sana saya berkenalan, menemukan banyak pengetahuan baru, berdiskusi dan saya memahami apa yang ada dalam diri saya sehingga dapat saya kembangkan.

Pasca MPAB, saya ikut serta dalam Musyawarah Keluarga Mahasiswa Katolik di kampus Universitas Palangka Raya. Itu adalah pengalaman pertama kalinya saya ikut langsung dalam proses perumusan aturan dan pengambilan keputusan. Disana juga saya mulai memahami bagaimana cerdasnya mahasiswa sehingga disebut sebagai masyarakat intelektual. Perdebatan demi perdebatan terjadi tetapi lantas hal itu tidak mengurangi semangat saya untuk terus belajar sampai-sampai saya menyadari betapa kurangnya ilmu pengetahuan yang saya miliki dibandingkan dengan teman-teman yang sudah mengenal organisasi.

Dari sanalah perjalanan saya dimulai, dimana tempaan demi tempaan berusaha saya jalani sehingga tertanam dalam diri bahwa saya harus bisa menjadi sama seperti orang-orang hebat yang saya saksikan malam itu.

Bersambung … (Pantau Terus Blog SuaraDionisus untuk Mengetahui Kelanjutan Ceritanya :) )


Penulis : Cindi Fantika

 


Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete