Monday, December 14, 2020

SAAT LUKA ENGKAU PERGI DENGAN BAHAGIA

 


Setiap kali aku melihat setiap ragaku yang kian lesu seperti tidak berada sebuah keharusanku untuk selalu bersamamu lagi, aku tak bisa menyimpulkannya bagaimana lagi yang ku buat sehingga kamu bisa tetap bersama angan dan selalu mengisi kekosonganku.

Saat luka engkau buat pergi bersama egomu dan menjadi sakit di atara luka kepingan luka yang tidak bisa di obati oleh senyum pengganti diantara ragu dan kakunya seorang kamu yang dulunya sering ada di dalam anganku.

Saat engkau pergi dari diary kehidupanku sebuah ketiadaanku begitu berasa di sela kesendirian dulu yang biasanya kamu selalu menghampiriku dengan senyummu yang sangat khas sekali dan lesung pipimu ikut terlibat dalam caramu membuatku terkagum.

Deretan luka ini yang memberikan dalam cerita kisah ini pun menjadi saksi bahwa selama kita berada di puncak kebahagiaan jangan terlalu bahagia, benar kata orang jangan pernah janji pada saat kamu bahagia karena itu yang membuat menjadi lemah jika engkau selalu mengingat luka yang ada.

Setiap malam sering pikiran ini selalu berlabuh dalam namamu yang selalu menjadi pengisi sunyi dan kelamku tetapi semua rasa yang ada itu menjadi saksi bisu antara ragaku yang masih tegar terlihat dan kenangan yang pergi bersamamu dan membawamu ke ruang bahagiamu.

Sampai imajinasiku mengambang, hingga senyummu membuaku merindu, dan senyum itu pun saya sudah mulai menganalisanya dengan canduku “Ternyata di balik senyummu yang manis itu ada pengkhianatan dan menjadi usang di antara diariku dan semua pergi tentang luka ini.

Di bawah senja, ku duduk sambil menikmati kopi bersama sepoinya angin selatan kota ini dan ku merenung tentang kisah  dan kasih yang sudah terjalin oleh mahluk ciptaan Tuhan yang menghuni semesta ini.

Kopi yang menyajikan tentang pikiranku untuk selalu mengingat satu rasa ketika memikirkan suatu hal  “Bolehkah aku minta janji manismu kopiku terlalu pahit untuk di seduh” kopi yang tadinya selalu nikmat di minum.

Dan kini ketiadaan rasanya manis kopi itu tidak terasa manis lagi yang ada Cuma pahitnya kenangan dan manis itu Cuma terkubur oleh ampas kopiku yang seduhnya dengan penuh nikmat.

Di setiap sujudku berdoa agar luka ini tidak makin parah, begitu banyak kebaikan yang telah ku panjatkan untukmu. Begitu pun setiap malam pada penghujung hari ini, aku sering mengkontenplasikan rinduku akan dirimu.

Aku menepi di pojok doaku, tema ujudku masih tetap sama berharap engkau ingin kembali kepada bahu yang menghangatkanmu di kala kamu kedinginan, kita adalah spasi yang ada di setiap bait untuk menjadi tulisan itu menjadi sempurna tapi sayang kamu tidak mau menjadi paragrap untuk menyambung tulisan diary kita.

Saat engkau pergi meninggalkan luka ini, kamu pernah bilang kita adalah puisi-puisi yang berserak di sudut kota ini di saat baitnya ingin merapikan puing untaian di setiap sajaknya ada saja kata yang menghalangi penyambungan sajak tentang kita.

Luka yang ada ini seakan berjalan diatas kerikil-kerikil yang tajam yang menjadi sakit di setiap pijakan menopang untuk bisa kembali ke arah sama, tetapi semua ini seperti peziarah dalam lamunan yang seakan semua seisi buku diary tidak megetahui keberadaan suasana tentang pergimu yang meninggalkan luka.

Di saat engkau pergi dengan luka itu seakan banyak darah yang harus di pertaruhkan untuk bisa membuat luka itu akan jadi sedikit membekas, tetapi yang namanya luka membekas pasti ada dan itu akan terbawa sampai kapanpun.

Ada juga yang bilang bahwa “Jangan pernah janjikan kebahagian di saat hujan karena ketika besoknya kamu bias saja patah hati dan terluka, dan setiap kali turun hujan kamu akan terkenang akan kejadian itu. Saat orang lain bahagia menatap hujan, kamu justru merasa sedih saat melihat keluar jendela”.

Biarlah engkau pergi dengan luka yang kamu bawa karena hal itu tidak akan menjadi kebahagiaan nantinya, tetapi jangan engkau mengulanginya lagi pada orang lain.

Penulis : Yakobus Lukivantura


Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete