Monday, March 20, 2023

CERITA RAKYAT SIGALE-GALE Karya Manimbul Sihotang

 


Bahasa Batak
CERITA RAKYAT SIGALE-GALE DALAM BAHASA BATAK
Syalom,
Horas,
Parjolo sahali mandok mauliate ma hita tu Tuhan, alana basah ni rohani nai lean dope hita tikki lao mangulahon Lomba Menulis Bahasa Daerah maingot parro ni ari Hari Masyarakat Adat Nasional. Mauliate ma tu akka dongan sian PMKRI cabang Palangka Raya na gabe parhobas i uluan on.

Ison lao pasahathon sada turi-turian ni bangso Batak ma au, turi-turian na hubuat ima turi-turian ni sigale-gale. Songon dia hinan do tubu ni sigale-gale dohot sampe saonari on.

Na jolo adong ma raja na margoar Raja Rahat na marhuta i Samosir. Raja Rahattakkas do i tanda akka raiatna raja nabisuk jala natigor. Sonang do akka raiatna mangida raja Rahat on. Raja Rahat on mangarihon parsonduk bolon na tong marbasa roha jala mangarihon sada ianakhon na margoar Manggale.

I na marumur si Manggale on, dohot ma ibana marporang. Dang daong sian among nagarang. Jala unga gabe pangulima porang tikki matoras dope.

I sada tikki di na lao marporang halaki, dohot ma si Manggale on na gabe pangulima porang. I na marporang halaki jumpa ma dohot musu na jogi na mambaen halaki hagogotan mangalo.I na marporang i tartembak ma si Manggale na mambaen marujung ngolu ibana.

Mambege barita i, lungun ma roha ni Raja Rahat na mambaen gabe marsahit. Martaon-taon dang marna malum sahit ni Raja Rahat on. Sada datu manganjurhon asa mambaen sada ganaganaan na suman tu Manggale. Dung i baen ma sada ulahon na manjou roh ni si Manggale na lao i pasda on tu ganaganaan.

Marnida i sonang ma rohani si Raja Rahat na mambaen malum sahitna.


Terjemahan


CERITA RAKYAT SIGALE-GALE DALAM BAHASA INDONESIA

Syalom

Horas

Pertama terimakasih kita ucapkan kepada Tuhan, karena kebaikan hatinya kita diberikan kesempatan untuk melakukan Lomba Menulis Bahasa Daerah dalam rangka Hari Masyarakat Adat Nasional. Terimakasih juga kepada teman-teman dari PMKRI cabang Palangka Raya sebagai inisiator kegiatan.

Disini saya ingin menyampaikan cerita rakyat dari tanah Batak, cerita rakyat yang saya bawahkan adalah Legenda Sigale-Gale. Mulai dari lahirnya sigale-gale sampai sekarang.

Jaman dahulu hiduplah seorang raja yang Bernama Raja Rahat yang berkuasa di Samosir. Raja Rahat adalah raja yang dikenal rakyatnya sebagai raja yang bijaksana dan adil. Para rakyatnya pun senang memiliki raja seperti Raja Rahat. Raja Rahat juga memiliki permaisuri yang baik hati dan memiliki anak satu yang beri nama Manggale.

Diumurnya Manggale yang sudah dewasa, ia sudah diikutkan berperang. Tidak jauh dari bapaknya pemberani. Ia juga sudah jadi panglima perang ketika masih mudah.

Disuatu hari, dimana ketika mereka berperang. Ikutlah si Manggale yang menjadi panglima perang saat itu. Ketika berperang mereka bertemu dengan lawan yang kuat yang membuat mereka keseulitan untuk melawannya. Diperperangan itu si Manggale pun tertembak hingga membuat ia meninggal dunia.

Mendengar berita itu, sedihlah perasaan Raja Rahat yang membuatnya jatuh sakit. Bertahun-tahun sakitnya pun tidak sembuh-sembuh. Salah satu dukun pun menyarankan agar membuat satu patung yang menyerupai Manggale. Setelah itu dibuatlah salah satu acara pemanggilan roh dari Manggale yang akan dimasukan dalam patunga tersebut.Melihat itu senanglah hati si Raja Rahat yang membuat ia sembuh dari sakitnya.

Saat ini Patung Sigale-gale dibuat sebagai daya Tarik wisatawan di Samosir.


#harimasyarakatadat

#lombamenulis

#ceritarakyat


Penulis

Manimbul Sihotang

Previous Post
Next Post

0 comments: