Wednesday, May 26, 2021

PMKRI CABANG PALANGKA RAYA PEDULI LINGKUNGAN


Pada tanggal 26 Mei 2021 PMKRI Cab. Palangka Raya malaksanakan aksi sosial, gerakan penanaman pohon dalam rangka dies natalis PMKRI Sanctus Thomas Aquinas Ke-74 Tahun.

Kegiatan tahap pertama juga dilaksanakan di Margasiswa pada tanggal 25 Mei 2021, menanam pohon di lingkungan margasiswa. Kegiatan tahap dua dilaksanakan di lokasi Repeat (Rehabilitation of Peatland) KHDTK Tumbang Nusa.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan refleksi bersama oleh pengurus, pentingnya menjaga dan merawat lingkungan disekitar dan hutan. Karna melihat fenomena hari ini bencana alam seperti banjir sudah menjadi rutinitas tahunan di Kalimantan tengah, maka perlu adanya gerakan untuk semua secara terkhusus pemuda/mahasiswa peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan ini difasilitasi dan didampingi oleh team lapangan KHDTK Tumbang Nusa.  Turut hadir juga Dewan Pertimbangan PMKRI Cab. Palangka Raya Ibu. Antonia Kupa bersama keluarga, Pendamping PMKRI Yosua Stevano Tuasela bersama istri dan diikuti oleh dua puluh dua orang pengurus dan anggota PMKRI Cabang Palangka Raya. 

Jenis pohon yang ditanam Shorea balangeran sebanyak 150 pohon

Lisa sebagai koordinator Lapangan dalam kegiatan tersebut menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembelajaran dan kepedulian kader PMKRI terhadap lingkungan  mengingat hutan setiap tahunnya mengalami degradasi  atau turunnya kualitas ekologi sehingga melalui kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi Nyata kader PMKRI terhadap lingkungan.

Ketua Presidium PMKRI Sdr. Obi Seprianto menyampaikan kegiatan ini menjadi ruang refleksi untuk dapat semakin mencintai lingkungan dan hutan, karna dapat kita bandingkan secara sederhananya apabila kita berjalan dilapangan tanpa ada pohon tentunya terasa panas dan sangat lelah, berbanding terbalik apabila kita berjalan di kawasan yang banyak pohonnya dan menjadi ruang pembelajaran bersama.

Obi Seprianto mengatakan "Kegiatan ini harus terus berlanjut dan terus digaungkan, dan besar harapannya kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi pemuda dan mahasiswa khususnya agar lebih peduli pada lingkungan" Pungkasnya.

Previous Post
Next Post

1 comment: