Friday, August 19, 2022

DIALOG PUBLIK, MENGEMBALIKAN INDONESIA YANG BERADAB



Dalam Pembukaan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) PMKRI Cab. Palangka Raya dilaksanakan juga Dialog Publik yang bertema “Mengembalikan Indonesia Yang Beradab” bertempat di aula Soverdi, KM. 5 Jl. Tjilik Riwut pukul 10.00 WIB s/d Selesai. (Kamis, 18 Agustus 2022)


Adapun kegiatan dialog publik ini dibuka oleh Ir. Herson Bartel Aden, M.Si selaku Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik sebagai perwakilan Wakil Gubernur yang semula di Undang sebagai keynote speaker sekaligus membuka kegiatan, untuk narasumber yang hadir dari Wadir Intelkam Polda Kalimantan Tengah AKBP. Gugun Hardi Gunawan SIK, MSi, MH, Dari Dosen/Akademisi/Pegiat Pendidikan Ibu Dr. Tresia Kristiana, S.E, M.Si, Dari Tokoh Masyarakat Bapak Bambang Irawan, S.ST.Pi dan juga di Moderatori oleh Presidium Gerakan Kemasyarakatan Rizky Pratama.


Ir. Herson Bartel Aden, M.Si selaku Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik dalam penyampaiannya tidak hanya sekedar membuka tetapi juga menyampaikan kondisi Kalimantan Tengah dalam segi Sumber Daya Manusianya.


“Kalimantan Tengah hari ini perlu meningkatkan SDM yang berkualitas dari segi pendidikan yang juga melalui pendidikan karakter sebagai berdirinya Negara yang kuat”. Ucapnya 


Wadir Intelkam Polda Kalimantan Tengah AKBP. Gugun Hardi Gunawan SIK, MSi, MH dalam pemaparan materinya menyampaikan definisi dari beradab dan memaknai keberagaman yang ada di Indonesia hari ini.


“Orang beradab adalah mereka yang memiliki pola kebiasaan sesuai norma-norma yang berlaku, dan kita juga perlu memaknai keberagaman agama, suku, ras, antar golongan dengan rasa toleransi dan rasa keadilan”. Ucapnya


Dosen/Akademisi/Pegiat Pendidikan Ibu Dr. Tresia Kristiana, S.E, M.Si dalam pemaparan materinya menyampaikan pendidikan wawasan kebangsaan sangat vital perannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.


“pendidikan wawasan kebangsaan sangat vital perannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang dilandaskan 4 bentuk kecerdasan, yaitu : kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan transcendental, ini juga sebagai cita-cita pendiri bangsa”. Ucapnya


Tokoh Masyarakat Bapak Bambang Irawan, S.ST.Pi dalam pemaparan materinya menyampaikan perlu adanya penyeimbangan antara Pemerintah dan masyarakat adat serta ada bentuk perhatian khusus kepada pemuda lokal.


“Perlu ada penyeimbang peran pemerintah untuk masyarakat adat begitu juga masyarakat adat untuk pemerintah serta perlu perhatian khusus kepada pemuda lokal Kalimantan Tengah oleh pemerintah Provinsi sebagai regenerasi pemuda dalam ikut serta dalam memberi kontribusi pembangunan daerah”. Ucapnya


Kegiatan Dialog Publik ditutup dengan foto bersama narasumber dan peserta serta tamu undangan di Aula Soverdi.

Previous Post
Next Post

0 comments: