Thursday, August 18, 2022

PEMBUKAAN LKK PMKRI CABANG PALANGKA RAYA


Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Palangka Raya “Sanctus Dionisius” Tahun 2022 .Melaksanakan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) dengan tema “Kepemimpinan Visioner dengan Spirit Tiga Benang Merah dan Enam Identitas Kader sebagai Landasan Perjuangan dan sub tema”Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.” (Yakobus 4:17 TB)

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis-Minggu, 18-21 Agustus 2022. Pembukaan kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader berlangsung di Aula Soverdi Palangka Raya (18/08/2022)

Acara Pembukaan Latihan Kepemimpinan Kader ini dihadiri oleh Dewan Pertimbangan, Pendamping, Anggota Biasa PMKRI Cabang Palangka Raya, Cipayung Plus Kota Palangka Raya, BEM, HIMA Daerah dan Ormas Katolik (WKRI dan ISKA) yang ikut serta mensukseskan Kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK).

Dalam Laporan Ketua Panitia, Sdr. Matius menyampaikan LKK merupakan kaderisasi tahap ketiga/yang terakhir ditingkat cabang tentu peserta yang terlibat adalah yang sudah siap untuk dibina menjadi kader gereja dan tanah air. Mengingat sebelum ditetapkan menjadi peserta LKK ada beberapa rangkaian proses yang harus dilewati dan pada akhirnya ditetapkannya 14 orang menjadi peserta penuh.

“Saya selaku ketua panita berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius agar apa yang menjadi tujuan kegiatan ini, yaitu mewujudkan kepemiminan visioner dalam tindakan dapat diaktualisasi.” Pangkasnya.

Obi Seprianto, selaku ketua PMKRI Cabang Palangka Raya menyampaikan PMKRI merupakan wadah/ruang pembinaan dan perjuangan, sehingga dibina dulu baru berjuang, agar dasar perjuangannya tetap sejalan dengan visi organisasi dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar, sebab apabila berjuang tanpa dibina itu akan bermuara pada hal yang hyperealistis dan lebih condong mengarah kepda kepentingan individu.


“Maka melalui LKK ini peserta diharapkan semakin berpikir terbuka tidak terbatas hanya dengan masalah pribadi melainkan mulai menumbuhkan perhatian untuk kemaslahatan bersama, memiliki sikap siap sedia dan betanggung jawab serta menumbuhkan niatan untuk bergerak”. Ucapnya

Yakobus Luki Vantura, selaku Dewan Pendamping juga menyampaikan kita sebagai kader PMKRI tidak semata mata hanya menonjolkan kuantitas massa yang banyak, bahkan lebih dari itu yang tidak kalah penting kita juga harus memiliki kualitas.

“Kader PMKRI harus mampu menonjolkan kualitas dalam setiap diri kader, jangan hanya mementingkan kita punya massa, karena kader PMKRI merupakan dia yang bersikap sedia walaupun ditempatkan dalam kubangan lumpur sekalipun dia mampu membangun istana disana”. Pungkasnya

Ir. Antonia Kupa, selaku Dewan Pertimbangan PMKRI Cabang Palangka Raya menyampaikan pandangan terkait tema yang diangkat yaitu “Kepemimpinan Visioner dengan Spirit Tiga Benang Merah dan Enam Identitas Kader sebagai Landasan Perjuangan” ini juga sebagai cerminan bahwa kader PMKRI harus memiliki visi untuk berpikir kedepan untuk membawa perubahan kearah yang lebih baik.

“Kader PMKRI harus memiliki visi yang berdaya rubah agar memberikan kontribusi pemikiran dan tindakan lebih baik kedepan, dengan spirit Tiga Benang Merah dan Enam Identitas Kader sebagai ciri khas seorang kader PMKRI dalam kehidupan menggereja dan berbangsa”. Ucapnya


Previous Post
Next Post

0 comments: