Friday, September 16, 2022

PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT PASCA COVID-19 DENGAN MEMANFAATKAN BIJI JELAI DALAM BENTUK AKSESORIS DI DESA BANYU LANDAS


Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Palangka Raya Edisi Khusus Dalam Semangat KKN Kebangsaan Tahun 2022, yang dimulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2022 telah berhasil dilaksanakan oleh Kelompok 34 yang berada di Desa Banyu Landas. Dilihat secara Geografis Desa Banyu Landas merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Benua Lima, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia.

Program kerja unggulan yang ada di Desa Banyu Landas oleh Mahasiswa KKN-T Mandiri Kelompok 34 adalah “PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT PASCA COVID-19 DENGAN MEMANFAATKAN BIJI JELAI DALAM BENTUK AKSESORIS DI DESA BANYU LANDAS”.

Jelai merupakan serealia yang tergolong anggota suku padi-padian (Poaceae). Tanaman ini sudah dikenal lama oleh masyarakat lokal di Indonesia. Sebagai salah satu jenis tanaman serealia dari family Poaceae/Gramineae, Jelai berasal dari wilayah Tropis dan Subtropis di Asia dan telah dikenal sejak zaman Prasejarah.

Di Kalimantan Tengah, khususnya di Desa Banyu Landas, Kecamatan Benua Lima, Kabupaten Barito Timur, Jelai kerap kali dibudidayakan sebagai tanaman hias dan pakan ternak. Sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata, Desa Banyu Landas tergolong desa terdampak COVID-19 yang menghambat perkembangan ekonomi masyarakat.

Dengan memanfaatkan momentum KKN, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, yaitu peserta berinovasi dengan memanfaatkan tanaman Jelai dalam bentuk kerajinan tangan.

Selain sebagai bentuk pengabdian, inovasi ini diharapkan sebagai modal awal masyarakat dalam meningkatkan ekonomi pasca COVID-19 yang sederhana dan berbahan baku lokal. Dimana hasil produk ini dapat dijual dan dipromosikan melalui berbagai media. Promosi yang dilakukan sebagai pemasaran juga sebagai perkenalan kepada masyarakat luas akan bahan baku lokal Jelei tersebut. Jelai berkaitan dengan kearifan lokal Desa Banyu Landas. Hal tersebut dikarenakan dari segi historisnya, Jelai dipercaya sebagai penangkal petir atau “Patake Nanyu” dalam bahasa Dayak Maanyan.


Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. As the vendor releases the ball, the same 점보카지노 numbers pass every time, increasing the chances that the ball ends up resting on the same portion of the wheel repeatedly. Many betting systems are sold on-line and purport to enable the player to 'beat' the percentages. One such system was advertised by Jason Gillon of Rotherham, UK, who claimed one might 'earn £200 daily' by following his betting system, described as a 'loophole'.

    ReplyDelete