Saturday, October 29, 2022

Bercita cita ingin menjadi bupati: pemuda asal Barito timur mengajak untuk merefleksikan 94 tahun sumpah pemuda




Pemuda harus menjadi motor penggerak persatuan dan kesatuan bangsa dalam mewujudkan rasa cinta terhadap tanah air. hal itu di katakan Fardoari Reketno saat di bincangi pada momentum pringatan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2022. 

Sudah 94 tahun, sejak awal di tetapkannya kongres sumpah pemuda yang di laksanakan pada 27-28 Oktober 1928. Pemuda dari sabang sampai meroke bersama- sama menurunkan ego sehingga mencapai kesepekatan yaitu sumpah pemuda, yang berisi semangat persatuan dan rasa cinta terhadap tanah air ibu pertiwi. 

" sumpah pemuda itu lahir dari kesadaran pemuda pemudi yang cinta dengan tanah air dimana dia di lahirkan, dengan kesadaran itu pemuda menyatukan tekat untuk melewan acaman dan segala pentuk penindasan, sehingga mampu mengalahkan egos Sentris dalam menyikapi Primodial di tengah-tengah bangsa yang majemuk" kata Fardo pemuda yang bercita-bercita ingin menjadi bupati tersebut. 


Pemuda yang akarab di sapa Fardo itu mengatakan, jika 94 tahun silam sumpah pemuda sebagai tonggak awal di mulainya pergerakan menuju kemerdekaan, maka di masa sekarang pemuda harus menjadi agen perekat bangsa yang cinta dengan tanah air, dan peduli dengan lingkungan dari era brutalnya keruskan lingkungan yang di sebabkan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Dan pemuda harus ambil bagian dalam melawan segala bentuk ancaman serta penindasan terhadap masyarakat mapun terhadap adat budaya bangsa terutama yang ada di sekitar kita. 


"Salah satu wujud nyata terhadap kecintaan tanah air yaitu, dengan menjaga lingkungan sekitar dan peduli terhadap kelesatrian lingkungan adat dan budaya. jangan ada lagi tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang sengaja merusak lingkungan demi kepentingan pribadi, kalau ada kita harus bersatu untuk lawan itu semua" tegas Fardo. 

Pemuda asal Barito Timur itu juga mengatakan, selain sebagai agen perekat bangsa. Para pemuda juga harus menjadi agen pembangunan, yang nantinya akan menetukan arah pembangunan bangsa dalam mewujutkan cita-cita negara yang berdaulat adil dan makmur. Menuju Indonesia Emas 2045. 

"Dengan merefleksikan kembali hari sumpah pemuda ini, semoga dapat membangunkan kesadaran untuk terus mepersiapkan diri dan menyatukan pemikiran demi terwujudnya cinta-cita kita bersama" Pungkas fardo.

Previous Post
Next Post

0 comments: