Friday, February 23, 2024

BE PRODUKTIVE & WIN THE GAME

RESENSI BUKU

 

Judul Buku            : BE PRODUKTIVE & WIN THE GAME

Penulis                   : Syafii Efendi

Penerbit                 : SE Management Perum Griya Manggar A11, Purbayan.

Cetakan 1              : 2016

ISBN                      : 978-602-6934-33-8

Tebal Halaman      : i-viii,1-56


LATAR BELAKANG BUKU

    Buku ini ditulis berdasar atas kejenuhan Syafii Efendi terhadap anak muda yang memiliki banyak persoalan atas manajemen diri yang kurang baik. Sehingga banyak sekali terjadi pengangguran dan kemiskinan di Negeri ini.

SINOPSIS BUKU

   Manusia proaktif adalah manusia yang mampu merespon sebuah masalah dengan baik tanpa harus menyalahkan keadaan dan orang lain atas apa yang terjadi diluar kendalinya. Sedangkan manusia reaktif adalah manusia yang selalu menyalahkan apapun yang terjadi di hidupnya. Dia akan selalu menyalahkan sesuatu yang bahkan itu diluar kendalinya, seperti kenapa dia menyakitiku padahal aku sangat baik terhadap dia. Jika seseorang menyakiti kita maka itu adalah kemauan orang tersebut dan itu diluar kendali kita, jadi berhenti untuk selalu menyalahkan diri sendiri atau orang lain atas apa yang telah kita alami. 

   Hidup ini adalah 10% tentang sesuatu yang terjadi dan 90% tentang bagaimana bereaksi terhadap sesuatu yang telah terjadi. Karena pada dasarnya orang hebat bertanggung jawab dalam segala hal dan menyelesaikannya.

ISI RESENSI BUKU

  Buku ini menuliskan tentang bagaimana cara menjadi manusia yang produktif di era disruptif, era disruptif adalah perubahan-perubahan yang terjadi sehingga mengubah sistem kehidupan masyarakat luas. Persoalan manajemen diri atas waktu adalah masalah dari lemahnya produktifitas diri. 

   Didalam buku ini juga terdapat beberapa langkah dan cara yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari, langkah dan cara tersebut juga dapat dilakukan dalam keadaan dimanapun. Salah satu langkahnya yaitu membuat buku harian kemanapun kita pergi serta dapat membaca ulang apa yang sudah dituliskan dalam hari-hari yang telah berlalu, seperti apa saja target yang berhasil atau gagal dicapai pada hari itu.

   Buku ini juga menuliskan bahwa kita dilarang mendefinisikan diri kita menurut perspektif orang lain. Menurut saya buku ini juga mengajarkan tentang sikap bodo amat serta menghilangkan sifat tidak enakan terhadap orang lain, berani untuk mengatakan tidak terhadap sesuatu hal yang bukan prioritas diri kita. Inti dari buku BE PRODUCTIVE & WIN THE GAME ini mengajarkan tentang bagaimana caranya untuk memberi

KELEBIHAN BUKU

   Buku ini memberi banyak manfaat bagi pembacanya karena isi dari buku tersebut mengajarkan cara untuk berjuang membentuk kualitas diri. Buku ini juga dapat membuka pikiran para pembacanya untuk melakukan tindakan yang tertulis dalam buku tersebut.

KEKURANGAN BUKU

   Ada beberapa kalimat yang tidak saya pahami ketika membaca bahkan berulang kali dan juga ada beberapa hal yang tidak dijelaskan lebih rinci lagi.

KESIMPULAN BUKU

  Buku ini bagus bagi orang yang ingin memanajemen diri dan meningkatkan kualitas diri. Tetapi kurangnya contoh nyata yang dapat pembaca lakukan dalam buku tersebut, sehingga saran dari saya buku ini perlu diberi contoh yang lebih nyata agar dapat lebih mudah dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Penulis : Inggrida Raptri Bere 




 


 



Previous Post
Next Post

0 comments: