Friday, February 23, 2024

Retorika Politik Surya Paloh Untuk Restorasi Indonesia

Judul buku    : Retorika Politik Surya Paloh Untuk Restorasi Indonesia

Penerbit        : Khalista Surabaya

Penulis          : Herma Retno Prabayanti

Pengantar      : Prof. Rachmah Ida dan Dr.H.A. Effendy Choirie

ISBN             : 978-979-1353-43-4

Tahun            : 2015


Latar belakang:

Surya Paloh ia adalah ketua umum Partai NasDem dan pemilik media mainstream yaitu Metro TV, dengan memiliki stasiun televisi sendiri Surya Paloh berhasil menjadi politisi yang cukup diperhitungkan keberadaannya oleh tokoh politik lainnya. Membahas tentang komunikasi politik dapat disimpulkan bahwa komunikasi politik itu terdiri dari komunikator politik (yaitu mereka yang dapat memberi informasi tentang hal-hal yang mengandung makna mengenai politik), komunikan politik (yaitu pihak yang menerima pesan politik), media politik, dls. Nah berbicara tentang komunikator politik, komunikator politik terdiri dari 3 bagian yaitu politikus (orang yg terlibat langsung dalam dunia politik), profesiona (orang yang mengkomunikasikan kejadian politik seperti wartawan) dan aktivis (orang yang peduli dengan masalah masalah politik). 


Persaingan di dunia politik sering terjadi ketika masa-masa kampanye sering terjadinya persaingan antara peserta kampanye untuk meyakinkan bawah calon-calon merekalah yang layak dan pantas untuk mendudukki kursi pejabat. Selain itu komunikasi politik juga dapat melalui media cetak dan media elektronik, dmna media adalah sarana yang sangat penting untuk memudahkan penyampaian pesan politik atau komunikasi politik kepada masyarakat luas, media ini juga dapat digunakan berbagai macam yaitu sperti tulisan Gambar, video, foto maupun tindakan secara langsung. Manusia juga merupakan saluran komunikasi politik karena seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi adalah mengenai dengan dan tentang siapa kita berbicara mengenai apa kita berbicara, kepada siapa kita berbicara dan bagaimana cara kita berbicara dengan baik agar mencapai hasil komunikasi yang membuahkan hasil yang baik pula. 


Belajar dari seokarno mencandra retorika politik surya paloh


Retorika politik adalah bagian dari komunikasi politik yang di gunakan oleh para politisi untuk menyampaikan ide pemikiran atau gagasan politiknya untuk menyerukan suara politik yang dilakukannya guna mempengaruhi pemikiran publik yang ditujunya, Retorika politik ada kajian yg sdh lama muncul. Retorika politik juga sangat penting dilakukan untuk sarana komunikasi politik dan bisa menentukan keberadaan seorang politisi, Seokarno adalah seorang politisi yang sangat terkenal ia bukan hanya disebut sebagai Bapak bangsa tetapi juga di sebut sebagai salah satu komunikator politik utama, Seokarno di kenal juga dengan pidato pidato politiknya yang cara penyampaiannya sangat sederhana sehingga rakyat sangat mudah memahami, Seokarno selalu menghindari pengunaan bahasa canggih agar masyarakat lebih memahami apa yg ia sampaikan. Bahkan seperti yang kita ketahui bahwa para politik atau politisi sering kali hanya menjanjikan kesejahteraan bagi rakyat hanya saat kampanye tetapi setelah mereka menduduki kursi mereka akan lupa dengan janji janji mereka, dan beranggapan bahwa rakyat hanya orang orang bodoh yang mau di bohongin, para politisi yang hanya menebarkan janji kepada rakyat saat kampanye merupakan dosa besar politik dan sdh mengingkari sebuah amanah politik. 


Berbicara tentang Surya Paloh, Surya Paloh adalah salah satu politisi yang berasal dari partai NasDem, ia juga lebih di kenal dengan pidato-pidato politiknya, kalau Seokarno dalam menyampaikan politiknya lebih menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah di pahamin masyarakat, berbeda dengan Seokarno Surya Paloh lebih menekankan dari nada berbicaranya dan bagaimana pesan yang di sampaikan dapat di pahami oleh masyarakat luas, Surya Paloh juga dikenal dengan cara penyampaiannya pidatonya yang sangat khas. Surya Paloh juga adalah pemilik dari stasiun TV  yaitu Metro TV. 


Surya Paloh dikenal dikenal dengan tokoh politik yang mempunyai ciri khas dibanding tokoh politik lainnya, dia bukan hanya pandai dalam berpolitik tetapi juga memiliki ide ide dan gagasan yang besar untuk kemajuan Indonesia, ide dan gagasan bukan hanya dari logikanya tetapi lahir dari pemikiran dan prihatin. Surya paloh melihat bahwa negara Indonesia ini masih sangat sangat memprihatinkan karena sampai sekarang negara kita masih terjebak dalam politik kekuasaan bukan politik kerakyatan dimana seorang politisi hanya menginginkan kekuasaan dan jabatan tetapi tidak memperhatikan masyarakat di sekitar, mereka hanya bernafsu dengan kedudukan dan jabatan, sebelum mereka duduk di kursi mereka bnyak sekali menjanjikan kesejahteraan terhadap masyarakat tetapi saat sdh duduk di kursi dan sdh mempunyai jabatan yang tinggi mereka tidak lagi memperhatikan masyarakat, maka Surya Paloh mendirikan partai NasDem dengan garis politik yang tegas yaitu restorasi Indonesia. Restorasi Indonesia adalah gerakan memulihkan, mengembalikan serta memajukan fungsi pemerintah Indonesia kepada cita-cita proklamasi. 


Ada seorang ilmuwan politik yaitu Mark Roelfs menyatakan "Komunikan merupakan pihak yang menerima pesan politik" Tetapi politik itu tidak hanya pembicaraan dan tidak semua pembicaraan adalah politik, nah kita harus membangun kegiatan berbicara dalam politik agar dapat menunjukkan nilai komunikasi yang baik dan dapat di mengerti. Tokoh Surya Paloh juga sering disebut sebagai sosok perubahan, ini terjadi saat ia menyampaikan pesan politik pada kegiatan apel siaga perubahan 22 februari 2014 di stadion utama gelora Bung Karno, senayan, jakarta. Masyarakat merindukan kehadiran sosok seorang tokoh perubahan yang sungguh sungguh berjuang untuk sebesar-besarnya demi kepentingan rakyat, surya paloh dikenal luas oleh masyarakat sebagai sosok perubahan yang akan membawa harapan besar bagi masyarakat Indonesia ini untuk kedepannya. Surya Paloh selalu menggunakan istilah istilah baru seperti restorasi gerakan perubahan yang sering ia katakan saat berpidato, istilah atau kata itu sengaja diciptakan oleh Surya Paloh bukan hanya untuk mendapatkan simpati dari masyarakat tetapi juga mempunyai makna penting dan juga untuk membangun kesadaran orang-orang bahwa terbentuknya perubahan lebih baik untuk nasib baik bagi bangsa kita sendiri. 


Penelitian tentang retorika politik yang di lakukan, bnyak penelitian yaitu penelitian yang mengkaji retorika seorang pemimpin politik yang tidak berada dalam lingkungan atau lingkup negara dan yang hendak diteliti dari seorang Surya Paloh bukan hanya sebagai pemilik media mainstream tetapi ia jhga sebagai pemimpin politik yang memiliki gaya retorika berpolitik yang sangat berkarakter dan belum pernah ditemukan di penelitian sebelumnya. Retorika politik sangat sering digunakan oleh para politik untuk menyampaikan pesan, retorika juga sangat penting agar masyarakat bisa menilai partai politik baik dari segi pengetahuannya dan program apa saja yang berkaitan dengan partai politik tersebut dan bagaimana mereka memperjuangkan nilai nilai yang telah mereka sampaikan dan agar pesan itu dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan baik maka dalam partai juga harus menyiapkan tokoh politik yang handal untuk menyampaikan pesan tersebut. 


Retorika sendiri dari pandangan Aristoteles adalah sebuah proses untuk mempengaruhi orang lain dan ada tiga cara yg harus di lakukan yaitu pertama ethos yaitu kita dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita memiliki pengetahuan dan dapat di percaya, kedua phatos yaitu kita dapat menyentuh hati, perasaan, emosi dan harapan masyarakat, dan yang ke tiga logos yaitu kita harus menunjukkan bahwa yang kita katakan itu bukan hanya kata-kata tetapi kita juga dapat membuktikannya. Dari pandangan Aristoteles ini kita dapat menyimpulkan bahwa retorika bukan hanya sebuah pidato saja tetapi juga harus dapat di buktikan kepada masyarakat dan dapat mempertanggungjawabkan apa yg kita sampaikan. 


Dalam penyampaian retorika juga harus menggunakan bahasa yang baik dan mudah di mengerti oleh masyarakat karena dari cara penyampaian pun masyarakat dapat menilai apa yang di sampaikan oleh seorang tokoh politik tersebut agar dapat memberikan makna bagi masyarakat yang mendengarkan dan dalam penyampaian retorika pun seseorang harus memperbanyak penguasaan kosa kata krna jika kurang penguasaan kosa kata dapat mempersulit masyarakat untuk memahami apa yang di sampaikan dan sebaliknya jika terlalu bnyak menguasai kosa kata juga dapat mempersulit pemahaman masyarakat, nah salah satu cara agar tidak terjadi hal demikian seseorang harus memahami pemakaian kata dalam berkomunikasi. Selain membahas tentang berkomunikasi dalam politik kita juga harus memperhatikan pesan pesan yang di sampaikan dalam hal berpolitik, pesan adalah inti dari komunikasi politik, pesan juga dapat menjadi hal yang positif maupun negatif tergantung dari cara pendengar memaknainya dan dalam penyampaian pesan politik kita harus memilih dan memilah penggunaan bahasa dalam berpolitik, apalagi seperti yang kita ketahui tanah politik di Indonesia sering sekali menggunakan bahasa yang kurang tepat sehingga dapat menimbulkan kebiasaan buruk kepada masyarakat. 


Surya Dharma Paloh itulah nama lengkapnya nama yang penuh dengan makna yang luar biasa, "surya" berarti "sang matahari" Ayah dari Surya Paloh memberikan nama ini Memiliki makna agar kelak ia menjadi pelita bagi umat manusia terkhusus bagi bangsa Indonesia, "Dharma" berarti "pengabdian seorang hamba" Memliki makna agar kelak ia selalu mengabdi kepada bangsa Indonesia, dan "Paloh" Adalah nama kampung dmna dia berasal. Surya Paloh lahir di Kutaraja, dekat kota Banda Aceh, tanggal 16 Juli 1951, dari pasangan H. Daud Paloh dan Hj. Nursiah. Ayahnya adalah seorang polisi. Surya Paloh memiliki kegemaran berbisnis, rajin belajar dan giat berorganisasi, kegemarannya inilah yang menjadikan dia menjadi seorang politisi yang sangat handal. Dari tokoh seorang Surya Paloh kita dapat belajar bahwa selagi kita masih bisa di berikan kesempatan untuk belajar maka kita gunakan itu dengan baik, dan kita harus mengikuti organisasi untuk menambah pengetahuan dan kemampuan kita. Dan selama berkuliah surya paloh juga sangat aktif di berbagai organisasi dan di puncak karirnya di organisasi Surya Paloh menjadi ketua di organisasi Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), dan Surya Paloh juga adalah pendiri organisasi Putra Putri ABRI (PP ABRI). Sruya paloh adalah seorang yang mempunyai semangat yang sangat tinggi kita patut mencontoh semangat yang di miliki oleh seorang Surya Paloh, karena dengan memiliki semangat yang sangat tinggi ini Surya Paloh dapat mendirikan berbagai macam media yaitu koran media Indonesia, media vista dan masih bnyak lagi. 


Setalah suskes di dunia penerbitan surya paloh mulai terjun ke dunia politik, bagi Surya Paloh dunia politik bukanlah hal yang baru karena seperti yang di ketahui bahwa sejak masa mudanya ia sdh berperan aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan. Salah satu jabatan penting surya paloh di awal memulai karir politiknya adalah menjabat sebagai ketua dewan Penasihat partai Golkar periode 2004-2009, namun Surya Paloh merasa dirinya sudah tidak memiliki pandangan yang sama dengan partai Golkar akhirnya ia memilih untuk keluar dari partai Golkar pada tahun 2009 dan Surya Paloh mendirikan Ormas Nasional Demokrat yg kemudian berubah menjadi partai NasDem, dan surya paloh menjadi ketua umum partai NasDem. Pada Kongres I partai NasDem 25-26 Januari 2013 disebut bahwa surya paloh sebagai tonggak sejarah partai dalam melakukan gerak dan langkah kedepan untuk melakukan perubahan melalui gerakan restorasi Indonesia. Meskipun baru partai NasDem telah membuat prestasi yang luar biasa biasa, prestasi yang luar biasa yang dimaksudkan surya paloh adalah partai ini telah memiliki visi misi yang kongkret (Restorasi Indonesia) dan orang-orang atau tokoh-tokoh di dalamnya memiliki kemampuan yang luar biasa dalam melakukan gerakan perubahan bagi bangsa Indonesia.

Kesimpulan

Surya paloh menyebutkan bahwa berpolitik itu sebagai pengabdian untuk memperjuangkan kepentingan rakyat, bangsa, dan negara, bukan memperebutkan atau hanya mencari kekuasaan dan kedudukan sebagai pejabat tinggi. Pada dasarnya politik itu harus membawa perubahan bagi bangsa Indonesia dan harus menjadi gerakan perubahan untuk masa masa yang akan datang, berpolitik juga bukan hanya tentang apa yang kita sampaikan kepada masyarakat tetapi juga bagaimana masyarakat dapat menerima apa yang kita sampaikan. Retorika politik adalah bagian dari komunikasi politik yang digunakan untuk menyampaikan ide dan gagasan untuk masyarakat dalam menyampaikan gagasan agar dapat di terima oleh masyarakat luas. Retorika politik bukan hanya sekedar pidato saja tetapi juga harus dapat di buktikan kepada masyarakat dan dapat mempertanggungjawabkan apa yg di sampaikan. 

 Bahkan seperti yang kita ketahui bahwa para politik atau politisi sering kali hanya menjanjikan kesejahteraan bagi rakyat hanya saat kampanye tetapi setelah mereka menduduki kursi mereka akan lupa dengan janji janji mereka, dan beranggapan bahwa rakyat hanya orang orang bodoh yang mau di bohongin, para politisi yang hanya menebarkan janji kepada rakyat saat kampanye merupakan dosa besar politik dan sdh mengingkari sebuah amanah politik, maka Surya Paloh mendirikan partai NasDem dengan garis politik yang tegas yaitu restorasi Indonesia. Restorasi Indonesia adalah gerakan memulihkan, mengembalikan serta memajukan fungsi pemerintah Indonesia kepada cita-cita proklamasi. 

Kelebihan buku:

Buku ini sangat menarik untuk di baca, dan di buku ini juga kita bisa mempelajari lebih dalam tentang retorika berpolitik, bagaimana cara berpolitik yang baik bagaimana cara kita berkomunikasi dengan masyarakat dan kita juga bisa mengetahui restorasi perubahan yang di lakukan oleh Surya Paloh. 

Kekurangan buku: 

Buku ini masih bnyak menggunakan kata atau bahasa yang sulit di mengerti  apalagi bagi orang-orang yang baru belajar tentang retorika politik dan restorasi perubahan, sebaiknya buku ini lebih menggunakan kata-kata yang mudah di pahami agar orang yang membaca buku ini juga jadi lebih mengerti apa yang disampaikan oleh penulis. 


Penulis

Fabiyana Dasoge 

 




Previous Post
Next Post

0 comments: