Friday, February 23, 2024

GALILEO Si Pantang Menyerah

Judul buku : GALILEO Si Pantang Menyerah

Penulis : Sri Nurhayati, MT

Penerbit : Utan Kayu Sejati

Tahun terbit : 2015

Tebal : 60 Halaman


Latar Belakang

Buku ini menceritakan siswa SMP kelas VII bernama Galileo. Dia mengidolakan sang Matematikawan terkemuka, Galileo Galilei. Galileo bercita-cita menjadi matematikawan sekaligus fisikawan. Oleh karena itu, dia mengikuti seleksi peserta lomba eksperimen sains tingkat sekolah.

 

 Pada perkembangan ilmu pengetahuan terdapat banyak ilmuwan yang berjasa, salah satunya Galileo Galilei. Galileo Galilei adalah salah satu ilmuwan terkemuka yang mendalami ilmu matematika dan fisika. Dia merupakan ilmuwan yang menyumbangkan banyak penemuan dalam ilmu pengetahuan modern.

 Galileo Galilei adalah ahli astronomi, matematika, dan fisika. Dia seorang guru besar, pengarang, dan bapak metode eksperimental. Dia berhasil merumuskan berbagai hukum dan teori sains, seperti hukum gerak, hukum benda jatuh, hukum bandul, dan teori matematik gerak parabola. Galileo Galilei juga dikenal sebagai penemu termometer dan teleskop.

 Galileo Galilei ada orang yang pantang Menyerah ia selalu berusaha dan bekerja keras, walaupun ia sering menerima cercaan dan cacian. Galileo terus mengembangkan ide dan penemuan-penemuannya.

 Salah satu kutipan Galileo Galilei yang terkenal adalah "Akan terbuka gerbang dan jalan menuju ilmu pengetahuan yang sempurna, pemikiran-pemikiran yang tajam akan masuk dan menguak lebih dalam."

Galileo sangat menyukai tentang Galileo Galilei yang membuat dirinya termotivasi dan ingin menjadi seorang ilmuwan yang pantang Menyerah. Oleh karena itu Galileo berusaha belajar dan mengikuti lomba Sains, dalam ia berproses tentu ia tidak sendirian ada keluarga yang selalu mendukungnya dan juga teman seperjuangannya yang melangkah dan berproses bersama yaitu adalah Thomas, teman sebangku Galileo yang sama-sama menyukai Sains dan suka bereksperimen. Mereka berdua adalah siswa yang mengikuti lomba sains sebagai perwakilan dari sekolah akan tetapi ketika pengumuman perlombaan yang menjadi juara adalah Galileo dan Thomas menjadi juara kedua. Tetapi hal tersebut tidak membuat pertemanan mereka, malah mereka saling bekerjasama dan berbagi pengetahuan agar bisa mendapatkan ilmu dan mereka tidak pernah menyerah pada apa yang mereka lakukan karena bagi mereka terutama Galileo apabila kita masih bisa mencoba maka kita pasti akan bisa meraihnya.

Kekurangan dan kelemahan buku ini

Kekurangan :

Ceritanya masih kurang terlalu dalam dan masih banyak yang kurang dipahami karena alurnya bercampur antara si Ilmuwan dan seorang Siswa tersebut.

Kelebihan :

Ceritanya singkat dan banyak ilmu pengetahuan yang didapatkan sehingga para pembaca tidak bosan pada buku ini.

 

Kesimpulan

 Buku ini menceritakan tentang seorang Ilmuwan dan seorang Siswa yang memiliki sifat pantang menyerah, oleh karena itu kita juga dituntut dalam melakukan hal apapun baik dalam kehidupan, pendidikan, pekerjaan dan hal-hal lainnya agar kita pantang menyerah melakukan segala sesuatu karena itu akan membuat kita meraih atau mencapai apa yang kita inginkan.

 

Penulis, Yoka Novena Delane



Previous Post
Next Post

0 comments: