Monday, November 23, 2020

REFLEKSI ANTARA HATI DAN NALAR

 

Pertanyaan refleksi : Bagaimana melibatkan hati dalam memahami?

Tuhan telah menganugerahkan manusia sebuah kepekaan dan perasaan melalui hatinya. Orang menyebutnya sebagai hati Nurani. Hati Nurani ini memiliki keterkaitan dengan otak. Otak merupakan pusat kendali nalar dan logika, dimana saat manusia dihadapkan pada suatu permasalahan ia akan mempertimbangkan dan memahaminya dengan logika dan perasaan. Namun beberapa orang ada yang menggunakan akalnya saja tanpa nuraninya.

Hati di percaya sebagai pusat kendali emosi sementara otak di percaya sebagai pusat kendali segala aktivitas fisik dan nalar. Keduanya merupakan unsur yang terpenting dan tak terpisahkan yang mempengaruhi perilaku dan perasaan seseorang. Hati dan otak tidak akan mampu berfungsi secara maksimal tanpa adanya interverensi antar keduanya. Pikiran akan lebih tajam jika dengan adanya emosi dan emosi akan lebih efektif dengan adanya pikiran dan nalar.


Hati sebagai sumber emosi memiliki peran yang penting dalam proses penguatan pikiran dan mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami informasi yang berasal dari luar dirinya. Segala sesuatu yang dipikirkan oleh otak itu berasal dari hasil penerimaan atau tertangkapnya berbagai getaran dari lingkungan oleh sensor panca indra organ tubuh yang kemudian di kirimkan ke otak melalui sistem saraf.

Dalam proses transfer informasi tidak terjadi proses pemilahan informasi positif dan negatif karena dalam proses transfer informasi ke otak. Apa saja yang di terima oleh sensor panca indera secara utuh di teruskan ke otak sehingga pemikiran otak sering bersifat vulgar.

Berolah rasa itu penting. Berolah rasa dengan hati akan memberikan hasil yang lebih baik, lebih bijak, jernih, bahkan lebih suci dari pada hasil otak pikiran otak yang umumnya bersifat vulgar dan cenderung kearah ke arah negatif.

Hati memiliki nalarnya sendiri,sedangkan nalar tak memiliki hati. Hati yang memiliki nalar akan membuat suatu tindakan atau suatu keputusan sesuai suara hati dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

 Penulis : Yetro Valentino


Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete