Wednesday, November 11, 2020

REFLEKSI CINTA

 


Pertanyaan refleksi: Apa yang akan kamu lakukan ketika mencintai seseorang ?

Bunda Teresa dari Kalkuta pernah mengatakan “Tebarkanlah cinta kemanapun anda pergi, jangan ada seorangpun yang datang menemuimu tanpa menjadi lebih bahagia ketika meninggalkanmu.” Dalam relasi dengan pasangan, poin yang terpenting adalah jangan biarkan dia yang kamu cintai tidak menjadi lebih bahagia.

Ketika mencintai kamu tidak harus melakukan semua yang diminta. Lebih dari itu kamu akan mencari cara terbaik dari yang ia mau. Cinta tidak melulu perasaan. Cinta ialah kesadaran penuh untuk membahagiakan, keinginan, kemauan, kehendak bebas. Bukan ketidaksengajaan apalagi keterpaksaan..

Ketika mencintai, kamu akan menyadari kekuranganmu namun uniknya membuatmu tetap bertahan. Melupakan semua rasa rendah diri itu dan berusaha memantaskan diri. Cinta pasti membuat lebih baik, bukan dari orang lain tetapi dari diri sendiri di masa lalu. Bukannya pergi dan bersembunyi, tetapi mencoba memperjelas kesamaran dengan keterbukaan dan komunikasi..

Hubungan yang baik berisikan dua orang yang sama-sama mau menerima dan mengerti setiap kekurangan dan ketidaksempurnaan. Cinta akan memberimu kekuatan untuk bertahan. Bahkan ketika diabaikan. Cinta tidak pernah mencari-cari alasan, tetapi sebaliknya berusaha mencari cara. Cinta yang mengakar akan membuatmu bertahan dalam segala keadaan yang menyesakan, ia akan membuatmu tahu tanpa diberitau,  mengerti tanpa penjelasan, dan sadar tanpa harus dikatakan.

Cinta akan memberimu kepercayaan, ia tidak merantai, tetapi memberi sayap. Ia akan membuatmu pulang ke arah yang sama. Ia memberimu ruang yang luas untuk menjadi dirimu sendiri. Membuatmu berkembang. Cinta akan membuatmu dengan bebas terbuka, berkisah apa saja. Dan akan membuatmu lebih menghargai dan mendengarkan. Kata eyang Habibie, ‘cinta tidak berupa tatapan satu sama lain, tetapi memandang keluar bersama ke arah yang sama.’ Cinta tidak membutakanmu, sebaliknya ia akan membuatmu dapat melihat dengan jelas, ke arah yang benar.

Selain belajar mencintai, kita harus sadar bahwa manusia sejatinya memiliki kekurangan dan kelebihan yang sulit dipaksakan. Manusia merupakan mahkluk yang tidak sempurna, yang bisa saja salah dalam mencinta. Kita harus mengerti darimana ia berasal, persoalan yang dihadapi, dan kisah seperti apa yang dialami serta bagaimana ia bisa hidup sejauh ini. Kita harus mengerti agar dapat menncinta dengan benar. Serta setiap orang berbeda-beda termasuk caranya mencinta. Namun, Cinta adalah bahasa yang bisa didengar, dimengerti oleh orang tuli, yang bisa dilihat orang buta, dan bisa diucapkan oleh orang bisu.

Paus Fransiskus I dalam sambutannya kepada umat beriman saat Doa Angelus di Lapangan St. Petrus pada 25 Oktober 2020 mengatakan bahwa cinta kepada Tuhan dan kepada sesama harus cenderung bersama dan tidak terpisahkan.” Selanjutnya Paus mengatakan “Yang tidak diungkapkan dalam cinta kepada sesama bukanlah cinta sejati kepada Tuhan; dan, demikian pula yang tidak diambil dari hubungan dengan Tuhan bukanlah cinta sejati kepada sesama.” Lebih jelas Bapa Suci mengatakan, “semua perintah itu untuk melaksanakan dan mengungkapkan cinta ganda yang tak terpisahkan itu.”

(Tidak mungkin kita memperjuangkan cinta dengan mengangkat pedang. Ketika mencintai, tidak mungkin secara bersamaan, melukai. Cukup mencintai saja ! Atau memilih untuk tidak memulai apapun !)

Penulis bukanlah seorang ahli cinta. Tetapi ingin mencoba merefleksikannya, pesan dari penulis,  "Cinta itu adalah sebuah anugerah dari Yang Maha Kuasa, yang harus disyukuri dan disadari keberadaannya. Setelah kehilangan kita akan lebih merasakan keberadaan cinta, jangan biarkan kehilangan mendahuluinya !" Oleh : Rahel Dewi Sartika


Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete