Saturday, April 29, 2023

Rangkaian Dies Natalis ke-32 Tahun PMKRI Cabang Palangka Raya Sanctus Dionisius Tahun 2023

PMKRI Cabang Palangka Raya, melaksanakan berbagai kegiatan dalam memperingati hari Jadi. (Senin-Minggu/17-23 April 2023) Peristiwa kelahiran merupakan suatu hal yang dinanti-nantikan oleh setiap insan dan selalu dirayakan dengan berbagai cara. PMKRI Cabang Palangka Raya dalam momentum dies natalis yang ke-32 tahun diwarnai dengan berbagai kegiatan.

Diawali dengan kegiatan Webinar bersama Romo Priedz Meko, SVD, kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah, Brigjend Polisi Drs. Sumirat Dwiyanto, M. Si., serta Anggota DPD RI, Dr. Agustin Teras Narang SH.

Dalam webinar tersebut mereka mengulas kembali gerakan mahasiswa mulai dari gerakan Budi Utomo hingga pada 1998. 

Kepala BNN Provinsi Kalteng menegaskan catatan soal bahaya penggunaan narkoba, kemudian peran pemuda dan memberikan harapan kepada seluruh hadirin dalam webiner tersebut. Sebagai penutup beliau mengajak agar PMKRI Cabang Palangka Raya sebagai garda terdepan untuk mengkampanyekan bahaya penggunaan barang haram tersebut, karena kesehatan sama dengan keselamatan tambahnya.

Begitu banyak pengalaman berharga yang dibagikan dalam diskusi yang berharga itu.

Dr. Agustin Teras Narang SH (Anggota DPD RI 2019-2024) melihat konteks hari ini mengajak Gerakan Mahasiswa, termasuk PMKRI didalamnya, agar mengenali peluang sekaligus tantangan kedepan seperti revolusi Industri 4.0, Society 5.0, Bonus demografi, Pemindahan Ibu Kota Nusantara termasuk pesta demokrasi tahun 2024. Bukan hanya persoalan dalam negeri beliau juga mengulas tantangan dari luar, seperti yang diringkasnya  dengan istilah HE4F (Helath, Education, Food, Fuel, Finnacial dan Forestry) serta soal kesehatan (Health) dan Pendidikan (Education) sebagai isu utama. 

Mantan Gubernur Kalteng dua periode tersebut mengajak generasi muda agar berdoa dan terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM, selamat merayakan Dies Natalis untuk PMKRI Cabang Palangka Raya, Semakin maju terdepan sebagai bagian dari agent perubahan. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Tegasnya.

Selaras dengan yang disampaikan oleh Romo Friedsz Meko, SVD yang mendorong agar gerakan mahasiswa memiliki idealisme dan semangat serta persatuan dalam membangun bangsa secara kontekstual dan struktural.



Ketua panitia pelaksana Afrianus Kurnia Tasman mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada ketiga Narasumber yang sangat luar biasa. 

"Saya mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada narasumber yang sangat luar biasa, walaupun ditengah kesibukannya masih berkenan hadir untuk peduli dengan generasi muda dalam hal ini momentum Dies Natalis PMKRI Cabang Palangka Raya, tak lupa juga saya mengucapkan terima kasih yang tak hingga kepada seluruh panitia pelaksana yang dengan caranya masing-masing menyukseskan kegiatan ini. Dia juga berharap agar seluruh peserta untuk berpartisipasi secara keseluruhan, imbuhnya".

Diakhir kegiatan, Ketua PMKRI Cabang Palangka Raya Rahel Dewi Sartika, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan kepada Narasumber yang  sangat luar biasa dalam mendukung dies natalis yang ke-32 tahun..

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh yang dengan tulus hati mendukung dalam menyukseskan kegiatan ini", Orang Nomor Satu di PMKRI Palangka Raya tersebut juga menegaskan PMKRI Cabang Palangka Raya akan tetap konsisten dengan Visi dan Misi serta terus berinovasi secara kontekstual sebagai penutup Dia mengatakan bahwa PMKRI akan siap hadir disetiap denyut kehidupan.



Penulis 

Germas Palangka Raya (MARSELINUS DARMAN)

Previous Post
Next Post

0 comments: