Saturday, April 29, 2023

Rayakan Dies Natalis PMKRI Palangka Raya tanam 300 pohon di Lingkungan Gereja Katolik Stasi Tumbang Talaken, Paroki Rungan Manuhing kabupaten Gunung Mas



Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palangka Raya mengadakan Bakti Sosial Menanam 300 bibit Pohon  di Stasi Tumbang Talaken Paroki Rungan Manuhing pada Sabtu, 22 April 2023 bertepatan dengan hari Bumi.

Dalam rangka memperingati hari lahir atau Dies Natalis ke 32 tahun, PMKRI Cabang Palangka Raya melakukan penanaman pohon yang bertepatan dengan hari bumi. Penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan perayaan Dies Natalis PMKRI Cabang Palangka Raya yang ke 32 tahun setelah sebelumnya dilakukan Webinar, misa syukur dan perayaan Dies Natalis.

Adapun 300 bibit pohon yang ditanam terdiri dari bibit pohon Tebibuya Ungu (Handroanthus impetiginosus), Tebibuya Kuning (Handroanthus Chrysotrichus), bibit pohon Tanjung (Mimusops Elengi Linn), bibit pohon buah Durian (Durio Zibethinus Mur), Sirsak (Annona Muricata L), Rambutan (Nephelium lappaceum) dan pohon Trembesi (Samanea Saman)

Kegiatan penanaman pohon tersebut di laksanakan pada pukul 15.00 WIB.  Sebelum kegiatan penanaman pohon, dilaksanakan beberapa rangkaian acara yang diawali dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Palangka Raya, Rahel Dewi Sartika diawal sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih pertama kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah yang telah memfasilitasi bibit pohon. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pastor paroki Rungan Manuhing dan umat Katolik Stasi Tumbang Talaken yang telah mendukung kegiatan ini dan menyediakan lahan untuk penanaman.

Penanam pohon yang bertepatan dengan hari bumi ini merupakan sebuah aksi nyata dan sangat bisa dilakukan sebagai upaya merawat bumi. Pohon yg ditanam akan dinikmati generasi mendatang. 

"Semoga pohon yang ditanam ini dapat tumbuh dan memberikan warna baru di lingkungan gereja Katolik Tumbang Talaken." Ungkap Rahel. 

Rahel juga menyampaikan selama periode kepengurusannya ia baru melakukan penanaman sebanyak dua kali dengan jumlah 600 pohon. Hal ini disampaikan Rahel harus terus berkelanjutan. Terutama dengan situasi bumi yang saat ini sedang dalam kondisi yang tidak begitu baik, cuaca memanas dan tidak menentu harus menjadi perhatian untuk lebih marak melakukan penanaman pohon.

"Orang yang menanam pohon adalah orang yg penuh harapan, berharap agar pohon itu tumbuh." Pungkas Rahel.

Pastor Andreas Jimmy, Pr yang merupakan pastor rekan di paroki itu  sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada mahasiswa-mahasiswi/ anggota PMKRI Cabang Palangka Raya yang berkenan melakukan bakti sosial menanam pohon di Stasi Tumbang Talaken. 

"Pastor dan umat sangat senang  dan berterima kasih atas keputusan kalian memilih Paroki kami untuk melakukan penanaman pohon. Dan terimakasih atas kehadiran PMKRI Cabang Palangka Raya yang dapat berkunjung ke Stasi Tumbang Talaken Paroki Rungan Manuhing, kabupaten Gunung Mas."

Setelah acara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan penyerahan bibit oleh ketua Panitia pelaksana dan ketua presidium PMKRI Cabang Palangka Raya kepada umat Katolik yang diwakili oleh Pastor Jimmy dan ketua umat Stasi Tumbang Talaken oleh PMKRI Cabang Palangka Raya. 

Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan kegiatan menanam pohon, yang dimulai oleh pastor Jimmy dilanjutkan ketua Presidium PMKRI Cabang Palangka Raya dan semua anggota PMKRI dan umat yang hadir, di lingkungan gereja Katolik Stasi Tumbang Telaken Paroki Rungan Manuhing.




Penulis

Krispinus Seran (Publikasi dan Dokumentasi)

Previous Post
Next Post

0 comments: