Monday, November 28, 2022

Hari Menanam Pohon Nasional  PMKRI Cab. Palangka Raya Tanam Ratusan Bibit Pohon Dengan Berbagai Jenis




Dalam rangka memperingati hari menanam pohon nasional, yang di selenggarakan setiap tanggal 28 November, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palangka Raya, "Sanctus Dionisius"  menanam ratusan pohon di halaman Catholik Center Jalan D. A Tawa, Gang D. A Tawa X (Sepuluh) Kota Palangka Raya, pada Senin 28 November 2022. 



Kegiatan penanaman pohon yang di gelar dalam rangka memperingati hari menanam pohon nasional. Di halaman Catholik Center Palangka Raya, di laksanakan secara sederhana. 

Adapun penanaman di lakukan secara simbolis oleh dinas kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Pastor Moderator, Ketua Presidium, dan seluruh anggota PMKRI Cabang Palangka Raya. 


Rahel Dewi Sartika, Ketua Presidium mengatakan, kegiatan penanaman pohon di lingkungan Catholik Center selain untuk memperingati hari menanam pohon nasional, juga merupakan salah satu upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan. 

Adapun dalam kegiatan ini, terdapat sekitar 300 ratusan bibit tanam dengan berbagai jenis di antaranya bibit petai, jengkol, dan pohon basah. 



"Tujuan dari penaman pohon di halaman Catholik Center, adalah salah satu bentuk upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan" ucap Rahel. 

Lebih lanjut Rahel berharap, melalui giat kecil seperti ini dapat berdampak bagi lingkungan  dan juga bagi masyarakat sekitarnya. 

"Kita harapkan melalui kegiatan ini dapat berdampak baik selain untuk lingkungan juga dapat berdampak dan dapat di rasakan oleh masyarakat sekitar". 




Hal ini juga di tambahkan oleh Marselinus Darman selaku Presidium Gerakan Kemasyarakatan, menanggapi kegiatan ini "melalui kegiatan ini juga PMKRI membangun kesadaran, kesadaran untuk menjaga ekologis, seperti kita ketahui bersama adalah bumi bukan hanya sekedar bumi melainkan bumi adalah ibu kita. Jadi sebagai generasi muda bagaimana caranya menjaga ibu kelestariannya. Dengan harapan, kita melakukan hal yang sederhana tetapi dengan cinta yang besar, kita yakin dan percaya bahwa gerakan penghijauan ini bukan hanya sebatas tanam saja melainkan sampai merawat dan yang akan berkelanjutan."


Anggota Muda PMKRI Cab. Palangka Raya ikut serta dalam kegiatan ini. Ini adalah kegiatan pertama kali dalam kegiatan menanam pohon untuk membuat lingkungan lebih sehat dan lebih segar lagi. Harapan dari Anggota Muda ialah kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi kita juga bagi orang lain.


Hal senada juga di sampaikan oleh Alfonsus Danang, Pastor Moderator PMKRI Cabang Palangka Raya menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam menjaga dan merawat keberlangsungan lingkungan sekitar, sehingga melalui kaum muda PMKRI diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak dalam menjaga kelestarian alam. 

"Dalam kegiatan hari ini, kususnya dalam penanaman pohon di mana sebagai kaum muda kita harus terus semangat dalam mejaga kelestarian ibu bumi, sehingga melalui kegiatan ini harapannya dapat menjadi inspirasi banyak orang termasuk kaum muda yang ada di Indonesia agar tergerak hatinya dalam menjaga alam sekitar" Lugas Romo Danang. 



Masih di tempat yang sama, Rujito sub koordinator pembenihan tanaman hutan dinas kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh PMKRI cabang Palangka Raya, sehingga harapannya kegiatan serupa dapat terus di lakukan untuk dapat bersama-sama meperbaiki alam lingkungan sekitar yang rusak dengan cara menanam pohon. 


"kami sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh PMKRI Cab. Palangka Raya, karena kami percaya kegiatan ini merupakan hal yang positif dan nantinya juga dapat di nikmati oleh orang banyak, sehingga harapannya kegiatan seperti ini dapat terus di lakukan terutama untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar yang rusak" tutup Rujito.


Dalam momentum ini kita diajarkan kesadaran, bahwa sebuah perbuatan yang kecil akan berdampak besar kedepannya. Dalam rangka menanam pohon yang dilakukan begitu sederhana, kiranya kegiatan ini bukan hanya sampai ditanam saja melainkan dijaga dan dirawat.



Penulis

Riset & Teknologi

Previous Post
Next Post

0 comments: