Friday, February 10, 2023

Selenggarakan Pelatihan Menulis, PMKRI Cabang Palangka Raya Coba Lahirkan Jurnalis-jurnalis Baru



Palangka Raya- PMKRI Cabang Palangka Raya selenggarakan pelatihan menulis bagi anggota muda pada Jumat, 10 Februari 2023 di Margasiswa PMKRI Cabang Palangka Raya. Bukan hanya untuk lahirkan jurnalis muda, tetapi juga sebagai upaya mempertajam argumentasi. 

Kegiatan diskusi dan pelatihan menulis ini merupakan upaya yang dilakukan oleh pengurus untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan menulis anggota muda yang baru dilantik pada November tahun 2022 lalu. 

Diskusi yang diselenggarakan ini diikuti sedikitnya dua puluh orang anggota PMKRI Cabang Palangka Raya. 


Ketua presidium PMKRI Cabang Palangka Raya mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu  meningkatkan kemampuan anggota dalam menulis berita maupun opini. 

"Selain itu, saya berharap teman-teman anggota yang mengikuti kegiatan ini dapat terpanggil untuk berani menyebarkan kebenaran kepada masyarakat dan khalayak. Singkatnya semoga giat sederhana ini melahirkan jurnalis-jurnalis baru"


Dionisius Reynaldo Triwibowo jurnalis Kompas, selaku pembicara dalam kegiatan menyampaikan, prinsip jurnalisme yang pertama adalah kebenaran, kebenaran fungsional bukan filosofis. Sehingga peserta bisa mengejar kebenaran dalam tulisannya dengan disiplin verifikasi. 


"Bukan menuntun mereka semua jadi jurnalis saja, tapi bisa menguatkan lagi skill menulis. Dalam bentuk pekerjaan apapun skill menulis itu penting," kata Dionisius. 


Di sisi lain, Yoka Novena Delane yang hadir dalam diskusi menyampaikan, "Saya merasa bersyukur dan senang atas pelatihan hari ini karena saya mendapat ilmu yang belum saya dapatkan sebelumnya, walaupun sudah sering ditemukan di kehidupan sehari-hari". 

Yoka Novena Delane

Lebih lanjut, Yoka berharap pelatihan ini dapat menambah wawasan dan kemampuan menulisnya agar dapat menyampaikan pesan dan kebenaran dengan baik kepada orang lain.


Krispinus Seran yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan, "Pelatihan menulis ini jujur saja membuat saya  tertarik akan dunia jurnalistik. Menjadi jurnalis akan menambah pengetahuan dari suatu masalah yang terjadi dimana pun dan berkesempatan menyampaikan kebenaran untuk dapat dilihat dan dibaca oleh orang lain."

Krispinus Seran




Penulis: Rahel Dewi Sartika

Previous Post
Next Post

0 comments: