Thursday, October 26, 2023

Beraksi dan Berkarya: PMKRI Palangka Raya Gelar MPAB II


Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palangka Raya "Sanctus Dionisius" melaksanakan pembukaan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) II dengan tema "Generasi Muda Katolik: Siap Sedia, Beraksi, dan Berkarya!"


Kegiatan ini dilaksanakan di Margasiswa PMKRI Cabang Palangka Raya (26/10/2023). 


Dalam laporannya, Benediktus Iga Wihantara yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana MPAB II menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama 4 (empat) hari ke depan mulai tanggal 26-29 Oktober 2023 mendatang. Ben juga menambahkan bahwa MPAB merupakan kaderisasi tahap pertama dalam pendidikan formal Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, dimana sebelum menjadi anggota, peserta akan diberikan materi pengenalan PMKRI. Adapun jumlah peserta yang mendaftar dalam kegiatan MPAB kali ini berjumlah 50 orang yang berasal dari beberapa perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Kota Palangka Raya.


Kegiatan ini  dihadiri juga oleh Pastor Moderator PMKRI Cabang Palangka Raya, Anggota Penyatu, pendamping, senior dan alumni PMKRI Palangka Raya serta beberapa organisasi eksternal seperti: Ikatan Sarjana Katolik (ISKA),  Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Pemuda Katolik, Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Palangka Raya (KMK UPR), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), BEM (UNKRIP) dan beberapa tamu undangan lainnya yang mengikuti persidangan untuk turut serta menyukseskan kegiatan MPAB II ini.


Rahel Dewi Sartika selaku ketua Presidium PMKRI Cabang Palangka Raya dalam sambutannya menyampaikan "Ada yang mengatakan bahwa Kaderisasi itu jalan yang sunyi dan gelap, kenapa sunyi, karena sedikit orang yang mau memperhatikan dan berfokus pada pengkaderan dan pembinaan orang muda. Namun saya menyaksikan bahwa kaderisasi bukan lagi jalan yang sunyi, karena pada hari ini saya melihat banyak orang yang peduli dan mendukung proses pengkaderan di PMKRI, mulai dari persiapan sampai pada hari ini begitu banyak organisasi Katolik maupun non Katolik yang turut serta mendukung dan mensupport PMKRI" ungkap Rahel

Rahel juga menambahkan ucapan terimakasih kepada semua orang yang turut mendukung kehadiran PMKRI dan memberikan sumbangsih untuk membantu melancarkan proses kegiatan ini. 


Dia juga mengingatkan bahwa hasilnya memang tidak langsung didapatkan hari ini, namun ini akan berguna setelah bertahun-tahun ke depan. 


"Selanjutnya untuk seluruh peserta yang datang, silakan ikuti proses yang disiapkan panitia mulai hari ini sampai pada hari Minggu nanti. Margasiswa merupakan laboratorium, tempat kita belajar dan menempa diri bersama" pungkas Rahel


Romondus Romi, SH menyampaikan sambutan mewakili senior/anggota biasa  mengapresiasi panitia dan pengurus yang telah melaksanakan kegiatan MPAB II PMKRI Cabang Palangka Raya ini dan berharap keseriusan pengurus dalam memikirkan metode agar peserta yang mengikuti MPAB mampu bertahan sampai tuntas.

Dia juga menyampaikan bahwa PMKRI merupakan  Organisasi Katolik yang selalu konsisten melakukan proses pengkaderan dan pembinaan orang muda terutama mahasiswa.

"Saya juga berharap semoga PMKRI tetap eksis untuk menggembleng kader menjadi pemimpin di masa depan" tuturnya.


Pastor Alfonsus Danang Widhianggoro, Pr, Selaku Pastor moderator PMKRI Cabang Palangka Raya selalu bangga dengan semangat PMKRI dengan semboyan Pro Ecclesia et Patria dan Semangat tiga benang merah. 

Dia juga menyampaikan, dalam tiga benang merah seluruh kader diajak untuk mengkoordinasikan diri bukan hanya menuntaskan pendidikan dibangku kuliah tetapi juga diajak untuk mengaplikasikan ilmu tersebut di masyarakat, gereja, nusa dan bangsa. Orang muda disebut muda jika dia selalu tertantang dengan hal yang baru.


"Saya berharap kegiatan MPAB selalu berjalan dengan baik dan semoga teman-teman semua menjadi anggota yang sejati". Tutupnya


Kegiatan pembukaan tersebut diakhiri dengan sesi dokumentasi untuk mengabadikan momen berharga di dalam sebuah foto.


_Editor Suara Dionisius_

Previous Post
Next Post

0 comments: