Wednesday, September 22, 2021

RESENSI BUKU : BERPIKIR DAN BERKEPRIBADIAN POSITIF ITU ADA SENINYA


suaradionisius - Buku ini bercerita tentang bagaimana pribadi yang positif, mental yang positif, pikiran yang positif serta seni untuk menikmati kehidupan. Dalam diri setiap orang tertanam sikap sesuai pribadi nya masing-masing. Apa yang dirasakan, tidak akan pernah muncul dipermukaan apabila tidak di saluran melalui tindakan. Sifat dingin, responsif, baru akan dirasakan lingkungan sekitar ketika berakar dari perasaan hingga terwujud dalam bentuk tindakan. Berpikir positif adalah hal yang menyenangkan. Cobalah sekali-kali menyengaja berpikir positif, kita pasti akan memperoleh sesuatu yang "sesuatu sekali". Keajaiban-keajaiban baru akan muncul yang berwujud akan mengubah penderitaan menjadi kebahagiaan. Contohnya, saat ini anda membayangkan seseorang yang anda cintai sedang datang menemui anda dengan membawakan bunga tentu anda akan merasa bahagia bukan? Atau artis Korea Lee min-hoo,  Taehyung, Jimin yang sangat banyak digemari banyak kalangan. Mereka datang bertemu anda, tentu sangat bahagia bukan?. Realitanya, wajah anda akan berbinar-binar dengan senyum yang merekah.

Pada dasarnya, jika kita berpikir kita tidak cukup baik maka kita tidak akan merasa baik. Seterusnya jika berpikir kita tidak akan mampu, tidak berbakat, tidak bisa, tidak, tidak dan tidak maka itulah yang pasti terjadi. Kekuatan pikiran sering melampaui keterbatasan fisik kita. Dengan begitu, ketika kita banyak membahas perubahan, aktivitas dan hal lain dalam pikiran kita sedangkan kemampuan fisik kita tidak mendukung untuk merealisasikan nya. Maka itu akan fatal dan mempengaruhi kepercayaan diri, citra, diri kreativitas dan unsur penyokong dalam diri kita.

Tips yang bisa saya bagikan bersama kita adalah berbahagia. Berbahagialah, berdamai dengan diri sendiri temukan jati diri dan pupuk mental positif. Pikirkan lah hal-hal yang menarik dalam diri, yakni semua hal yang baik dan positif.

"Apa yang dimasukkan kedalam pikiran akan membuat yang metafisika menjelma kedalam bentuk fisik. Karena itu, berpikir positif adalah cara paling tepat dalam menjalani kehidupan. Tepatnya dengan begitu, "penderitaan dan persoalan hidup akan gampang dilewati jika pikiran positif".

Pertanyaannya sekarang, bagaimana mengetahui pikiran positif? Bagaimana menumbuhkan pikiran positif, bagaimana mengembangkan nya? dan seterusnya.

- Orang yang berpikir positif itu bahagia.

 Masalah anggap sebagai tantangan yang harus dilalui

- Selalu bisa menikmati hidup

- Jadikan saran sebagai bantuan yang baik

- Yang utama adalah rasa syukur. Apapun dan bagaimanapun keadan yang dialami bersyukur lah sebab dialah Tuhan yang memberi semuanya.

- Isu, gosip, buang ketempat sampah.

- Bertutur bahasa positif.

- Bahasa tubuh yang positif

Tak hanya itu, mengejar pikiran positif, kita diajak untuk rileks dalam segala situasi, latih-latih dan terus latih diri untuk bahagia, singkirkan rasa tidak nyaman serta selaras kan pikiran dan perasaan. Agar hasilnya berpengaruh, gunakan kata-kata positif dalam berbicara, jangan hiraukan segala negatif yang mungkin akan melanda, lupakan kegagalan yang menghalangi anda, tinggalkan hal-hal yang meremehkan kemampuan, asah diri, bergaul dengan orang yang positif, olahraga penting agar jiwa sehat.

Bagaimana dengan mereka yang sudah mampu berpikir positif, namun tak ada tindak lanjut? Semua itu kembali pada kepribadian. Mungkin mereka sudah merasa cukup dengan situasi atau kehilangan kepercayaan diri, atau lingkungan yang tidak bisa menerima keberadaan mereka.

Senantiasa selalu asah diri  besi yang di asah sampai tajam hasilnya memuaskan, latihlah diri selalu agar hasil yang memuaskan menghampiri. Kehidupan ini bukan untuk diri sendiri, tingkatkan kualitas kasih sayang, cinta dan keindahan terutama dalam diri dan sesama. Percayalah kesempatan baik selalu terbuka kesuksesan selalu membuka pintunya kepada siapa saja. Biasakan pikiran untuk selalu menatap secerca harapan dan kebaikan di masa yang akan datang. Miliki tujuan yang jelas, terbuka dalam berpikir dan senantiasa dalam doa(pemeriksaan pikiran). Orang sukses pernah mengalami kegagalan, tetapi mereka segera bangkit, menentukan target, berani mulai melangkah, dan berjuang mewujudkan keberhasilan, bertahan dan terus bertahan walaupun keberhasilan kelihatan jauh dari pandangan mata. Percaya diri, jangan ragu. tanamkan diksi dalam diri bahwa *" saya ingin sukses dan bahagia"*

Definisikan masalah. Apa masalahnya, penyebab dan akibatnya. Rumuskan, kelompokkan solusi, eksekusi dengan tanggung jawab penuh. Jangan meremehkan tindakan kecil, mulai saja jangan ragu beritahu orang-orang untuk menghasilkan usaha, relasi yang baik, jiwa yang optimistis hingga bisa menghadapi kesulitan dan jiwa produktif tepat waktu. Semuanya itu unsur penting bagi setiap kita untuk di cerna dan diresapi. Agar memperoleh perubahan positif dalam diri. Dalam perjalanan ini kejadian yang benar-benar terjadi dirasakan pengaruhnya itulah tolak ukur untuk berpikir dan bertindak. Artinya berpikir dan bertindak berdasarkan fakta, dukungannya kepercayaan dan kejujuran. Seorang yang jujur akan lebih mudah mendapatkan peluang dari pada sebaliknya dan yang bertanggungjawab akan lebih mendapatkan kesempatan. Dilemanya sekarang adalah keraguan dalam menentukan pilihan. Obatnya adalah jangan menyesal akan pilihan. Proses baru jalani dengan ikhlas dan berani mengambil resiko. Ups paham dulu manajemen resiko nya ya. Bagi kalangan jaman ini, stres sering kali menghambat. Ingat ya untuk kembali pada kenyataan, fokus pada usaha, jangan ragu berbagi, sadari kemampuan diri anda, jangan iri, dan kekuatan doa.

Berusahalah untuk bahagia melalui keindahan, kebaikan, dorongan yang anda alami dan miliki. Dengan begitu, sekalipun dalam keadaan keterpurukan sekalipun semuanya dapat dihadapai dengan kebahagiaan hingga raut wajah yang tampak hidup dan penuh pengharapan. Datang di dunia bukan untuk bahagia, melainkan menghadapi derita yang akan menghadang serta bagaimana cara kita mengubah penderitaan tersebut menjadi kebahagiaan. Akhiri penderitaan, jangan bermalas-malasan, selalu ingat untuk hidup berguna bukan bernilai. Jika pada kesempatan ini masih belum bisa memberikan pengaruh positif kepada sesama setidaknya perbaiki diri supaya apa? Supaya tidak menjadi batu sandungan menghalangi rezeki maupun karunia yang akan mereka terima. 

 

 

Data Buku

Judul Buku                : Berpikir dan berkepribadian positif itu ada seninya

Penulis                      : Hari Laksana

Jumlah Halaman       : 220

Tebal buku                : 14 x 20,5 cm

Penerbit                    : Araska

Cetakan                    : 1 (pertama) November 2018

 

 

Penulis, Biro PPK PMKRI Cabang Palangka Raya

Editor, PRT PMKRI Cabang Palangka Raya


Previous Post
Next Post

0 comments: