Saturday, February 27, 2021

ANALISIS SOSIAL MASYARAKAT

Oleh: Cornelisen Christianto

Gambar 1: Berbincang-bincang sembari menunggu durian jatuh dari pohonnya

Pada tanggal 31 sampai 2 febuari 2021, kami sedang melakukan Live In kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cab. Palangka Raya, yang bertempat di desa Jinggah, Muara Teweh. Saat itu kami di bagi menjadi beberapa kelompok, yang mana 1 kelompok terdiri dari 2 orang. Adapun tujuan dari di lakukannya Live In ini adalah untuk lebih memahami kondisi kehidupan sosial yang ada di lingkungan sosial masyarakat dan lingkungan sosial keluarga. Waktu itu kami berdua di arahkan oleh panitia untuk tinggal selama 3 hari di salah satu rumah umat katolik yang ada sana. sesampainya kami di rumah yang akan kami tempati ialah kediaman dari keluarga bapak Tarsisius, kami di terima dengan sangat baik dan di perlakukan sebagai keluarga sendiri.

Selama kami berada di sana, ada banyak hal baru yang kami dapatkan dan juga pengalaman-pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. salah satunya memahami dan mengetahui kehidupan masayarakat yang ada di sana. Yang mana masyarakat di sana ada yang bekerja mayoritasnya sebagai penyadap karet dan petani. Namun dalam hal ini juga terdapat kendala saat mereka melakukan pekerjaannya, yang di sebabkan oleh hujan. Ketika turunnya hujan menjadi tantangan bagi masyarakat penyadap karet untuk menunda pekerjaannya, hal ini juga dapat di gunakan untuk bisa berkumpul bersama keluarga di rumah.

Pada beberapa waktu lalu kami sempat di ajak oleh Ibu krispina pergi ke kebun untuk mengambil buah, durian. Saat di dalam perjalanan, kami melihat juga di kiri kanan jalan orang-orang ramai mendagangan hasil kebunnya dan ada juga masyarakat yang memiliki tempat usaha seperti warung, bengkel, rumah makan. Dan ada juga Universitas seperti STIE, POLITEKNIK.

Adapun juga informasi yang kami peroleh yaitu tentang masalah kenakalan remaja yang ada di sana, seperti remaja yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang, minuman oplosan, juga narkoba yang sudah memasuki daerah tersebut. Hal ini juga menjadi keresahan bersama, karena ini dapat menimbulkan korban jiwa akibat saat mereka mabuk mengkonsumsi barang-barang tersebut. Sehingga permasalahan ini sangat di butuhkan ketegasan dari pihak berwajib dalam mengatasi masalah ini, maupun peran serta perhatian baik dari para orang tua dan juga gereja, untuk mengedukasi para remaja lebih baik melakukan hal-hal yang bermanfaat guna lebih meminimalisirkan kenakalan juga pergaulan bebas dari para remaja tersebut.

Gambar 2: Bersantap rukun bersama keluarga dan menikmati hasil berkebun

Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. dapatkan jackpot yang besar hanya di IONQQ
    WA: +855 1537 3217

    ReplyDelete