Friday, February 26, 2021

PEMBELAJARAN HIDUP YANG BERHARGA DARI KELUARGA MAMA ANDRI

 Oleh : Dewinia Halawa


Gambar 1. Rumah Keluarga Mama Andri

Sebagai salah satu peserta latihan kepemimpinan kader (LKK) Perhimpunan Mahasiswa katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palangkaraya, maka sayapun ikut serta dalam kegiatan live in yang dilaksanakan pada tanggal 31 januari-2 februari 2021 di Kelurahan jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara. Dalam kegiatan ini jumlah keseluruhan sebagai peserta LKK ada 18 peserta yang sebagiannya berasal dari Cab.Banjarmasin. Kemudian kami dibagi perkelompok dimana setiap satu kelompok terdiri dua orang. setelah itu, kami disuruh setiap kelompok untuk melakukan analisis kehidupan sosial dan analis kehidupan keluarga selama 3 hari. Lalu saya dan teman saya Rizky Pratama langsung diarahkan dan disuruh oleh panitia untuk mencari salah satu rumah umat stasi jingah atas nama mama Andri dengan ciri-ciri banyak anjing disamping rumah. Kemudian kamipun langsung bergegas untuk mencari rumah mama Andri, dan akhirnya kami bisa menemukan lokasi rumah tersebut tepatnya di RT.04. Sesampainya dilokasi Rumah mama Andri kami langsung di sambut dengan baik dan dianggap seperti anak sendiri

Dirumah yang sederhana keluarga tersebut hidup dan tinggal bersama bapak Rolin dan Mama Andri. Mereka dikarunia 5 orang anak, tiga perempuan dua laki-laki. Anak pertama sudah lulus kuliah serta lulus PNS dan sekarang bekerja menjadi guru, anak kedua masih duduk dibangku kuliah semester akhir, anak ketiga duduk dibangku sekolah menengah atas kelas dua, anak keempat masih duduk dibangku SD kelas empat, dan anak ke lima masih berumur tiga tahun.

sehari-hari mereka hidup layaknya keluarga-keluarga lain yang pada umumnya, dimana pekerjaan Bapak Rolin sebagai pekerja di kebun sawit dengan pendapatan perhari kurang lebih 3 ton buah sawit seharga 250 perhari. Dan mama Andri bekerja sebagai petani karet dengan pendapatan kurang lebih 60 kg perminggu dengan harga yang tidak menentu. Namun, setelah bercerita panjang dengan mama Andri dan Bapak Rolin mereka mengatakan bahwa pendapatan mereka sering sekali tidak menentu bahkan ada saat-saat mereka mengalami krisis ekonomi. Katanya, itu disebabkan oleh curah hujan yg menyebabkan tidak bisa menyadap karet, panen yang tidak menentu,dan juga masih adanya oknum-oknum yang melakukan pencurian karet bahkan kata mama Andri sendiri ini sering sekali terjadi. Berkaca dari peristiwa tersebut khususnya untuk oknum-oknum yang melakukan pencurian karet maka yang menjadi solusi utamanya adalah dengan mengadakan pos kamling untuk keamanan dan juga memelihara anjing untuk menjaga sekitaran rumah dari pencurian.


Gambar 2. Suasana Kebun Karet


Namun, ada satu hal yang membuat saya bangga, senang, bahkan terharu bisa bertemu dan tinggal dirumah mereka selama 3 hari. Yaitu dibalik keterbatasan finansial dan hidup terkadang serba kekurangan. Bapak Rolin dan mama Andri mengatakan bahwa ini tidak menjadi kendala utama dalam menyekolahkan seorang anak sampai kejenjang yang lebih tinggi karna katanya yang lebih utama adalah mensyukuri apa yang kita punya saat ini tanpa harus mengada-ngada, mempunyai prinsip hidup yang kuat, bertahan dalam keserdehanaan, mengutamakan pendidikan anak, dan tidak memprioritaskan harta katanya “harta paling berharga adalah ketika seorang anak bisa menggapai cita-cita” untuk mengangkat harkat atau martabat keluarga.


Gambar 3. Membersihkan Halaman Rumah Keluarga Mama Andri

Hal inipun saya secara pribadi sebagai seorang mahasiswa tidak bisa berkata apa- apa,saya hanya bisa mendengar dan merenungi apa yang mereka sampaikan kepada kami saat itu. Karna itu memang benar dengan sikap yang selalu bersyukur maka resiko pekerjaan selalu dimudahkan, dengan tekad dan prinsip hidup yang kuat maka segala sesuatunya yang kita anggap mustahil untuk tercapai maka bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, terus berani dan optimis bahwa semua permasalahan ada jalannya.

 

Gambar 4. Foto Bersama di Gereja Stasi Jingah







Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. banyak game yang menarik di IONQQ
    ayo segera daftarkan diri anda :D
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete