Saturday, February 27, 2021

PEMBERDAYAAN DAERAH CAFE WAYANG (SKY CAFE) UNTUK MASYARAKAT DESA JINGAH

 Oleh : Elsa Diany Tanjung

Gambar 1. Peserta dan panitia

PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Khatolik Republik Indonesia ) pada tanggal 31 januari -2 Febuari 2021 melakukan kegiatan live in di desa Jingah, Muara Teweh, Barito Utara. Pada saat itu di ikuti oleh peserta PMKRI Palangka Raya dan Banjarmasin berjumlah 18 Orang.dengan tujuan berbaur dengan masyarakat dan ikut merasakan hidup bersosial di masyarakat.

Pada saat itu kami di bagikan per 2 orang dalam 1 kelompok untuk hidup di salah satu keluarga yang menjadi tempat kami tinggal.Yaitu keluarga ibu Susan atau bisa di sebut Mamah Sania dan Bapak Sania. Mereka mempunyai 3 orang anak, 2 perempuan 1 laki-laki.

Gambar 2. Ayah dan Ibu Kaluarga Bapak Sania

Gambar 3. Anak Kaluarga Bapak Sania

Pada saat itu kami menganalisis kehidupan masyarakat yang ada di daerah tersebut,Berhubung saya waktu itu mau menuju perkebunanan dan tidak sengaja saya melewati daerah yang masih termasuk dalam desa jingah di situ saya menemukan sebuah cafe yang menjadi daya tarik kalangan masyarakat karena tempatnya yang begitu mumpuni untuk tempat santai karna berad di atas bukit nama cafe nya yaitu sky cafe/Cafe Wayang.Disitu saya ketika melihat dari atas begitu luar biasa indahnya dan juga seluruh kota yang ada di muara teweh bisa terlihat dari atas tersebut.Banyak yang berwista di tempat tersebut baik dari luar maupun dalam kota.

Gambar 4. Foto pemandangan Bukit Wayang Cafe

Gambar 5. Pemandangan di atas bukit wayang

Menurut Karen seorang pemudi yang tinggal di desa tersebut bahwa salah satu cafe yang mempunyai keindahan di atas adalah satu-satunya cafe yang di atas bukit dari cafe-cafe yang lainnya, itu menjadi peluang besar bagi pemilik cafe tersebut karena sangat strategis juga wilayah tersebut. Menurut informasi dari orang yang tinggal di daerah tersebut bahwa cafe itu baru berdiri tahun 2017 yang lalu dan menurut laman yang saya baca di google bahwa cafe yang adaa di daerah tersebut belum mendapat izin dan belum melaporkan kepada lurah setempat dan kalo sekarang masih kurang jelas informasinya bahawa cafe tersebut sudah atau belumnya mendapatkan iizin usaha tersebut.

Yang saya lihat di daerah cafe tersebut masih belum tersusun rapi dan belum di bersihkan dengan baik karena saya lihat masih ada tumpukan tanah liat yang masih belum di ratakan dan juga pagarnya masih belum terlalu di hias dengan dekorasi dan sebagainya. Dan ketika kami pulang, kondisi parkiran yang masih beum ada yang mengurus dan juga masih berantakan membuat motor susah keluar dan mengahalangi jalan.

Harapan saya dari tulisan ini Cafe Wayang sudah mumpuni untuk wisatawan datang dan juga sudah mempunyai pelanggan yang banyak apalagi ketika malam minggu, semoga kiranya pihak cafe tersebut dapat memebersihkan, memberi dekorasi di sekitar cafe tersebut agar lebih menarik lagi dan juga semoga cafe tersebut bisa secepatnya melaporkan ke lurah setempat jika masih belum mendapatkan izin usaha, dan bagi warga di daerah jingah bisa memanfaatkan daerah tersebut untuk di jadikan lahan parkir dengan tersusun rapi tidak menutupi jalan sehingga terlihat menarik dan bisa mengurangi saingan dengan cafe lain.

Sekian dari tulisan saya, saya memohon maaf jika ada salah kata dan tingkah laku perbuatan saya. Yang menyakiti dalam tulisan ini saya memohon maaf, kurang dan lebihnya saya ucapkan terima kasih.




Previous Post
Next Post

1 comment:


  1. IONQQ menyediakan permainan poker, domino99, bandarq, bandarpoker,aduq,sakong,perang bacarat dan capsa :D
    ayo ditunggu apa lagi
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete