Friday, February 26, 2021

KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DESA JINGAH

Oleh : Eduardus Setno



Gambar 1: di Gereja bersama umat stasi Jingah

Berkehidupan sosial adalah suatu hal akan di alami oleh setiap orang yang ingin hidup bermasyarakat dangan ada suatu interaksi di dalamnya. Kebudayaan merupakan kebiasaan yang sifatnya positif yang ditanamkan dari sejak dini pada setiap diri sesorang.

 

Desa Jingah merupakan desa yang terletak di daerah Kabupaten Barito Utara yang berdekatan langsung tidak jauh dari kota Muara Teweh dan aliran sungai Barito. Kehidupan sosial budaya di desa Jingah yang terlihat masih sangat berkarakter dan terjaga terkhusus daerah RT. 13. Hal ini membuat ketertarikan sendiri dari setiap orang dengan masyarakat sekitar, solidaritas dan juga toleransi yang dimiliki masyarakat desa Jingah patut menjadi contoh sebab inilah yang menjadi nilai penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Kebiasaan masyarakat dalam hal bekerja, bergotong royong, berkomukasi masih terlihat jelas dan masih diturunkan.

 

Masyarakat ketika ada kegiatan masih terlihat saling membantu satu sama lain tanpa memandang siapapun yang sedang mereka bantu. Hal inilah yang menghidupkan suasana dan keharmonisan masyarakat terkhusus di desa Jingah. Aktivitas sebagian besar masyarakat bekerja di kebun dan usaha kecil kecilan, seperti sekarang pada saat musim buah, masyarakat dapat menjadikan itu sebagai salah satu sumber pangan ataupun sumber penghasilan walaupun tidak seberapa tetapi setidaknya dapat membantu kebutuhan setiap keluarga.

Keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat desa Jingah juga bisa dijadikan sebagai contoh yang baik bahwa kebudayaan masih tetap terjaga seperti dalam hal bercocok tanam.


Gambar 2: Berkumpul bersama umat seusai masak Bersama


Permasalahan yang terjadi di sekitar masyarakat hampir tidak terlihat karena nilai kebudayaan solidaritas dan toleransi mereka yang tinggi dan kuat. Walaupun ada tetapi hal itu tidak akan berpengaruh karena masyarakat sudah lama tinggal dan saling mengenal satu sama lain sehingga tidak ada kesenjangan yang terjadi di masyarakat. Permasalahan yang terjadi biasanya datang dari luar seperti tindakan pencurian dan juga pendatang baru yang mungkin saja membuat adanya persaingan dengan masyarakat asli disekitar tetapi ini sangat jarang terjadi.



Gambar 3: Gotong royong membersihkan halaman rumah


Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. IONQQ menyediakan pelayanan terbaik dan bisa di percaya
    ayo segera bergabung bersama kami
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete