Friday, February 26, 2021

KEBUDAYAAN YANG TERLESTARI

 Oleh : Cenura Wiati

Gambar 1 Bersama keluarga mamah Glen

Arus globalisasi yang begitu cepat melanda muka bumi, menyebabkan sentuhan dan interaksi budaya dari berbagai arah tak terhindarkan, tak jarang banyak orang yang meninggalkan kebudayaannya sendiri untuk mengikuti arus perkembangan zaman, kebudayaan yang diturunkan langsung oleh nenek moyang semakin dianggap kuno oleh masyarakat masa kini.

Lain halnya dengan keluarga Pluspa atau yang sering disebut dengan mamah glen yang mempunyai satu orang suami dan tiga anak serta dua saudara kandungnya yang menetap disekitar rumahnya didaerah kabupaten Barito Utara tepatnya di Desa Jingah, sebagai suatu keluarga besar yang masih mempertahankan kebudayaan entah kebudayaan dalam hal makan bersama, berkumpul hanya sekedar bercerita pengalaman hidup, bahkan tak jarang keluarga ini berlatih permainan sumpit atau nyipet (Bahasa Dayak) yang dimana dulunya sumpit atau sipet (Bahasa Dayak) ini digunakan oleh masarakat Dayak untuk berburu dan berperang, namun pada zaman sekarang sumpit ini digunakan untuk perlombaan pada olahraga daerah. Olahraga sumpit tidak jauh berbeda dengan olahraga yang lainnya seperti olahraga tembak atau olahraga panah. Biasanya untuk sasarannya dibuat lingkaran dari karton atau kertas. Peserta lomba berlomba-lomba untuk mengenai lingkaran yang telah dibuat dengan jarak yang telah ditentukan. Tak jarang keluarga mamah Glen ini mengikuti ajang perlombaan dan memenangi setiap perlombaan terbukti banyak pila dan dokumentasi kejuaraan yang dipajang dirumahnya, namun sangat disayangkan karena masa pandemi sekarang ini membuat banyak ajang perlombaan sumpit dibatalkan selain permainan tradisional keluarga ini masih menguasi berbagai Bahasa yang digunakan sehari hari untuk berinterasi yaitu, Bahasa Dayak Maanyan, Dayak Tawoyan, Dayak Bakumpai, dan Dayak ngaju.


Gambar 2  Latihan Manyipet

Pelestarian kebudayaan seperti ini harus tetap dilakukan  dan menjadi  tren masa kini yang sangat perlu diwariskan pada generasi penerus sebagai sebuah nilai budaya yang penting bagi kelestarian budaya sendiri. 

Gambar 3 Makan Bersama 



Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. agen dengan 100% player vs player hanya di IONQQ :)
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete