Tuesday, November 9, 2021

PMKRI CABANG PALANGKA RAYA LAKSANAKAN RETRET : DIPANGGIL, DIPILIH, DIUTUS.

suaradionisius.com - Dalam rangka pembinaan iman anggota muda Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palangka Raya "Sanctus Dionisius" laksanakan kegiatan Retret di Stasi "Eccehomo" Desa Palangan Kecamatan Kota Besi Kabupaten Kotawaringin Timur selama tiga (3) hari mulai tanggal 05-07 November 2021.

Kegiatan Retret ini mengusulkan tema "Dipanggil, Dipilih, Diutus"

Shevya Geapionai Tisi, Ketua Pelaksana dalam kegiatan Retret menyampaikan bahwa kegiatan yang bertemakan "Dipanggil, dipilih, dan diutus" ini harapannya kaum muda terkhususnya Anggota PMKRI  juga diharapkan ikut ambil bagian dalam keberlangsungan pertumbuhan dan kehidupan gereja. Sebagai bagian dari anggota tubuh Kristus, kaum muda juga ikut berperan dalam tanggung jawab dan fungsi dalam gereja. Maka diharapkan masing-masing pribadi memiliki kesadaran untuk melibatkan diri dalam tanggung jawab tersebut. Untuk itu, keterlibatan kaum muda sangat penting dan memegang salah satu kendali. Sebagai tombak misi gereja, membuktikan hidup kaum muda sangat menentukan masa depan Gereja.

Dalam kegiatan Retret meliputi berbagai rangkaian kegiatan yaitu materi, outbond dan malam fraternitas bersama dengan Orang Muda Katolik (OMK) Palangan.

Kegiatan Retret ini diikuti oleh Anggota Muda PMKRI Cabang Palangka Raya sebanyak 28 orang dan dihadiri langsung oleh Pastor Alfonsus Danang WA, Pr selaku Pastor Moderator, Pastor Erdivide Naha Duhar, MSF selaku Pastor Rekan paroki Sampit, Ibu Ir. Antonia Margaretha They Kupa selaku Dewan Pertimbangan, Romondus Romi, SH selaku Komisaris Daerah VII, Tokoh Umat Alexsius Esliter (Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah), Bernadus MU selaku Ketua Stasi "Eccehomo", Anastasius Delik selaku Kepala Desa Palangan, saudari Lintalia selaku Badan Semi Otonom dan juga Anggota Biasa PMKRI Cabang Palangka Raya.

Obi Seprianto, Ketua Presidium PMKRI Cabang Palangka Raya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan teruntuk anggota Muda PMKRI Cabang Palangka Raya agar lebih memahami penggilannya sebagai anggota dalam PMKRI dan keterlibatannya sebagai bagian dari masyarakat.

Selain itu juga kegiatan ini dilaksanakan di Palangan agar anggota dapat berinteraksi dan berkomunikasi bahkan mengenal masyarakat dan orang muda di Stasi Palangan, ujarnya.

Rp. Erdivide Naha Duhar, MSF selaku Pastor rekan juga yang turut hadir dalam kegiatan ini juga menyampaikan harapannya semoga dari kegiatan Retret ini orang muda dapat menghidupkan nilai dan semangat untuk selalu bersyukur terkhusus menjadi bagian dari keluarga besar PMKRI semoga nilai-nilai yang diajarkan juga dapat diimplementasikan dalam kehidupan di bangku kuliah dan bermasyarakat, Romo Erdivide juga mengucapkan selamat datang untuk peserta dan ucapan terima kasih karna sudah berkenan hadir dan memilih Stasi Eccehomo untuk menjadi tempat pelaksanaan Retret PMKRI Cabang Palangka Raya.

Kepala Desa Palangan, Anastasius Delik menyampaikan harapannya agar kegiatan ini   dapat menjadi sarana bagi seluruh peserta untuk berproses dan menambah pengalaman bagi anggota PMKRI Cabang Palangka Raya.

Dalam hal ini juga Ketua Stasi "Eccehomo" Palangan, Bernadus MU sangat menyambut baik atas kegiatan Retret dan harapannya semoga menambah wawasan untuk anggota PMKRI Cabang Palangka Raya terutama Orang Muda Katolik (OMK)di Stasi Palangan.

Dalam pelaksanaan kegiatan Retret ini sepanjang acara panitia selalu mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) demi mencegah kemungkinan penularan Covid-19.

Penulis, PRT PMKRI Cabang Palangka Raya

Previous Post
Next Post

0 comments: