Friday, December 8, 2023

KEMANUSIAAN

KEMANUSIAAN

Kemanusiaan adalah suatu hal yang penting, mengingat di jaman sekarang hilangnya rasa hormat, empati dan rasa kasih sayang terhadap sesama manusia. Kemanusiaan mengajarkan kita untuk saling membantu sesama tanpa memandang ras, suku, agama, dan budaya. Kemanusiaan sendiri menjadi moral hidup yang menjadi pedoman dalam setiap tindakan kita. Namun, Pada saat ini, kurangnya rasa kesadaran manusia untuk bertindak memanusiakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan sikap acuh dan lebih mementingkan kepentingan diri sendiri, sehingga membuat mereka menjadi apatis terhadap lingkungan sekitarnya.

Di dalam dunia yang penuh konflik dan ketegangan ini, rasa kemanusiaan sangat diperlukan, apa lagi bagi mereka yang tertindas. Maka dari itu, kita harus memperjuangkan rasa kemanusiaan dalam aspek kehidupan kita sebagai makhluk sosial. Kita harus membangkitkan kembali rasa kemanusiaan itu dalam kehidupan kita, yang harus dimulai dari diri semdiri. Karna itu salah satu cara yang bias kita mulai sebelum melakukan suatu perubahan yang besar kedepannya.

Memanusiakan manusia berarti menghargai hak tiap orang, yang artinya membuat derajat kita sebagai manusia sama, berharga dan bermartabat. Dengan hal ini juga, secara tidak langsung kita menegakan keadilan terhadap sesama dan itu juga menunjukan rasa kepedulian kita kepada sesama. Sehingga dapat membuat orang lain merasa hidupnya berharga dan berguna.

Dengan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menciptakan dunia yang lebih baik, adil, dan harmonis satu dengan yang lainnya. Oleh karna itu, saya sangat mendukung nilai kemanusiaan dan berharap agar nilai kemanusiaan dapat dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

 


Penulis: Herlina Aprilia S. Baolangu

#tugasopini

Previous Post
Next Post

0 comments: