Friday, December 29, 2023

PERMASALAHAN PENDUDUK YANG TERJADI DI DAERAH JALAN NELAYAN DESA TUMBANG TAHAI KECEMATAN BUKIT BATU

PERMASALAHAN PENDUDUK YANG TERJADI DI DAERAH JALAN NELAYAN DESA TUMBANG TAHAI KECEMATAN BUKIT BATU


        Masalah yang dihadapi penduduk sekitar jalan nelayan terbagi menjadi beberapa faktor yaitu, faktor ekonomi yang sangat bergantung kepada cuaca kerena sumber pencarian ekonomi mereka lebih banyak dari nelayan. Setelah itu faktor tenaga kesehatan yang kerap kali membuat masyarakat kecewa terutama para lansia/lanjut usia. Faktor infrastruktur juga menjadi hambatan bagi para masyarakat sekitar. Faktor pendidikan yang memadai tetapi kurangnya kesadaran masyarakat bahwa pendidikan itu penting. Faktor masalah lingkungan juga sangat berpengaruh di daerah jalan nelayan. Dan faktor peran pemerintah yang tidak ada.

-Faktor Ekonomi

      Faktor ekonomi yang sangat bergantung pada cuaca karena sumber pencarian mereka lebih banyak dari menjadi nelayan. Mengapa faktor cuaca berpengaruh bagi ekonomi masyarakat sekitar? Itu karena disaat musim kemarau para nelayan lebuh mudah mendapatkan ikan, sedangkan disaat musim penghujan air akan Pasang dan lebih sulit untut mendapatkan ikan, yang mengakibatkan sumber mata pencarian ekonomi mereka terhambat dan berpengaruh pada bahan pangan masyarakat.

-Faktor Tenaga Kesehatan

       Tenaga kesehatan di daerah jalan nelayan sangat bagus dan memadai, tetapi ada beberapa keluh kesah masyarakat terutama keluhan dari para lansia/lanjut usia. keluhannya yaitu disaat para tenaga kesehatan, pemeriksaan disetiap minggu mereka hanya memeriksa dan memberi resep obat yang ditebus langsung di rumah sakit, sedangkan para masyarakat terutama para lansia banyakl yang tidak memiliki kendaraan untuk ke rumah Sakit Pusat kota.

-Faktor Infrastruktur

       Foktor infrastruktur  juga menjadi hambatan bagi para masyarakat sekitar karena jumlah bangunan di Jalan nelayan sangat minim atau kurang memfasilitasi masyarakat, tetapi sekarang sudah ada perkembangan dan bangunan sudah mulai banyak dan jalan juga sudah mulai banyak, Selain itu yang akses  jalannya dulu sulit sekarang sudah mulai membaik walaupun disaat hujan jalannya begitu banyak genangan air yang tertampung. Hingga saat ini masih ada nelayan yang menggunakan perahu tanpa mesin atau masih di dayung menggunakan tenaga manusia (manual).

-Faktor Pendidikan

       Faktor Pendidikan yang memadai tetapı kurangnya kesadaranı masyarakat bahwa pendidikan itu panting. Masyarakat sekitar lebih mementingkan pekerjaan dibandingkan Pendidikan. Banyak juga siswa yang putus sekolah karena pergaulan bebas yang mengakibatkan hal yang tidak dinginkan terjadi seperti hamil di luar nikah,dan tindakan kriminal.

-Faktor Masalah Lingkungan

       Faktor masalah lingkungan juga sangat berpengaruh di daerah Jalan nelayan dan sekitarnya.

 

*kurangnya kesadaran masyarakat dan pemuda/pumudi untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah itu kesungai sampai mengakibalkan sungai itu bercemar. Dan ada berapa masyarakat juga membakar sampah yang mengakibatkan pencemaran udara sekitar.

*Limbah dari tambang emas yang emas yang mengakibatkan pencemaran terutama pada populasi mahluk hidup yang ada di dalam air. Merkuri, hydrargyrum [Hg], atau orang awam mengenalnya sebagai air raksa, digunakan secara luas dalam pertambangan emas rakyat untuk memisahkan bijih emas dari logam atau mineral lain. Biasanya oleh para penambang emas, merkuri dicampurkan ke larutan pasir atau debu hasil mereka menambang. Hal ini yang mengakibatkan popilasi yang ada di dalam air menurun karena kandungan merkuri yang larut ke dasar air.

-Faktor Peran Pemerintah

       Faktor peran pemerintah tidak ada karena dana desa yang dianggarkan sebesar 120 juta untuk memperbaiki  jalan transportasi darat dan air masih banyak yang rusak dan hamper tidak layak untuk dilalui masyarakat setempat.

 

Solusi dalam menyelesaikan permasalahan penduduk didaerah jalan nelayan yang dapat kami sampaikan yaitu:

*Solusi Faktor Ekonomi

-Berkebun di area sekitar rumah contohnya terong, timun kacang dan cabe.

*Solusi Faktor Tenaga Kesehatan

-Kami memberi pemahaman tentang tenaga kesehatan yang menjalankan tugas sesuai perintah dan aturan kesehatan yang ada, tidak dapat memberikan obat tanpa dosis yang sudah diresepkan oleh dokter.

*Solusi Faktor Infrastruktur

-Penimbunan yang dilakukan secara gotong royong

*Solusi Faktor Pendidikan

-Mendisiplinkan seorang anak agar lebih mengutamakan pendidikan dan menjauhkan seorang anak dari pergaulan bebas yang tidak bermanfaan bagi masa depan.

*Solusi Faktor LIngkungan

-Selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak merusak ekosistem sungai.

-Tidak membakar sampah sembarangan

*Solusi Faktor Pemerintah

-Pemerintah harus lebih membuka mata terhadap masyarakat sekitar

 

Jadi harapannya kesadaran masyarakat dan pemerintah agar selalu melihat kekurangan di suatu daerah.

Yang harus dikembangkan dan diperhatikan di daerah jalan neelayan yaitu:

1.       Faktor Ekonomi

2.       Faktor Tenaga Kesehatan

3.       Faktor Infrastruktur

4.       Faktor Lingkungan

5.       Faktor pendidikan

6.       Faktor Peran Pemerintah

Narasumber : Ibu Minarsi yang berumur 71 tahun dan memiliki 6 orang anak.


Penulis Kelompok 2

Anggota :

-          Alponsus Muno Mario

-          Angglen Debitia

-          Magdalena Bara

-          Terayana

Previous Post
Next Post

0 comments: