Friday, December 8, 2023

Keresahanku Fasilitas pendidikan yang kurang

KERESAHANKU

Fasilitas pendidikan yang kurang

Pendahuluan 

Menurut saya, tindakan pemerintah Dalam konteks fasilitas pendidikan di sekolah sangat diperlukan karena sangat berkaitan dengan perkembangan pendidikan, dimana itu akan mempengaruhi aspek penting bagi siswa/I di sekolah tersebut. Dan juga saya merasakan bahwa fasilitas pendidikan itu sangat penting dan berguna dalam membentuk generasi muda yang berkualitas, serta membantu mereka mengembangkan intelektual yang baik. Namun, saya juga menegaskan bahwa fasilitas ini masih perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh siswa/siswi di sekolah itu. Dan juga, saya menginginkan adanya fasilitas dari guru dimana guru di sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk perkembangan anak muda yang berkualitas. Saya percaya bahwa dengan adanya guru dapat mengajarkan karakter, supaya siswa-siswi tidak hanya akan menjadi pintar secara akademis, tetapi juga akan memiliki kepribadian yang baik. Namun, saya merasa bahwa perkembangan pendidikan karakter di sekolah masih perlu ditingkatkan agar tujuan dapat tercapai dengan baik dan menjadikan siswa-siswi yang sehat. Dalam perkembangan fasilitas sekolah, ini sangat diperlukan karena merupakan sesuatu yang menyangkut perkembangan siswa-siswi dan ini yang perlu diperhatikan agar adanya kemajuan di sekolah itu. Menurut saya, seharusnya fasilitas di setiap sekolah harus sudah terpenuhi karena itu sangat menyangkut perkembangan siswa-siswi di sekolah itu. Namun, saya juga menekankan bahwa perlunya ada perkembangan dalam setiap generasi yang akan datang dari fasilitas dan guru-guru yang ada di sekolah tersebut. Maka dari itu, adanya kemajuan dari pihak sekolah untuk mengusulkan fasilitas untuk sekolah, karena itu akan berpengaruh bagi siswa-siswi yang ada di sekolah itu dan menjaminkan kemajuan dan kenyamanan bagi siswa-siswi tersebut. Ditegaskan kembali, agar adanya perkembangan dalam fasilitas di sekolah. 

ISI 

Saya mempunyai pengalaman saat saya masih SD, dulu saya menjalani study Sekolah Dasar di perusahaan dan nama sekolah itu SD ANWAR KARIM IV, Saat itu saya menjalaninya selama 6 tahun. Pada saat itu, saya masih polos dan belum mengerti tentang fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah saat itu, karena kerja saya cuma belajar dan belajar. Saat itu saya kelas 6 SD, ada ujian yang mengharuskan pergi atau kunjungan ke sekolah luar. Saat itu saya dan teman-teman saya berangkat dari SD ke sekolah SMPN-3 KOTA BESI, saat itu saya masih menikmati jalan dari SD ke SMPN -3 KOTA BESI disitulah saya memulai ujian. Saat itu saya melihat sekolah itu dan apa yang saya lihat, sekolah itu sangat jelek bahkan fasilitas nya saja tidak memadai bahkan kipas saja tidak ada, apakah ini yang disebut sekolah yang berkualitas, dari situlah saya merasakan bahwa ini bukan sekolah melainkan tempat rumah yang dijadikan sekolah. Dari situlah saya menganggap sekolah itu bukanlah sekolah, melainkan suatu tempat yang bukan untuk sekolah tapi hanya untuk bermain. Disaat itulah saya merasakan bahwa sekolah ini sangat miris dengan fasilitas nya. Disitulah saya mengira bahwa itu bukan sekolah, tapi saya berfikir lagi saat ini apakah kepala sekolah dari sekolah itu tidak meminta permohonan dari pemerintah untuk fasilitas tersebut, karena menurut saya sekolah itu tidak layak untuk ditempati. Atau karena uangnya dikorupsi, disitulah saya mengambil isu tentang sekolah yang kurangnya fasilitas, dimana fasilitas itulah yang menjamin perkembangan dan karakter dari siswa-siswi yang di sekolah tersebut, tapi saya sangat kasihan saat ini mengapa..?, karena tidak ada kemajuan melainkan banyak sekali tentang isu-isu dari sekolah itu yang dimana sekolah itu dijadikan tempat untuk mabuk dan tempat untuk berhubungan. Maka dari itulah, gimana mau maju jika sekolah saja masih miris dengan perkembangan dan fasilitaanya. Dari situlah saya merasakan bahwa pemerintahan ini kurang memperhatikan perkembangan sekolah-sekolah yang ada di perkampungan. Saya tekankan lagi untuk kepala sekolah dari SMPN-3 KOTA BESI, mohon kerjasamanya dengan pemerintah agar dapat mengajukan fasilitas-fasilitas, agar sekolah dapat maju Dan berkembang dan membuat karakter siswa-siswi disana memiliki sifat yang baik. 

Lalu buatlah apa yang kamu bisa lakukan..? 

● Dengan cara berbagi pengalaman yang saya bisa bagikan kepada siswa-siswi yang ada di sekolah tersebut. 

● Konsultasi kepada kepala sekolah tersebut agar meminta permohonan fasilitas-fasilitas untuk sekolah itu. 

● Memberi teguran dengan cara "DEMO" kepada pemerintah, apakah uangan untuk sekolah di perdesaan bisa diberi bukan di korupsi. 




Penulis: Dionisius Cristianto Areny

#tugasopini

Previous Post
Next Post

0 comments: