Friday, December 8, 2023

Menjaga Kebersihan Terhadap Lingkungan di Sekitar Kita

Menjaga Kebersihan Terhadap Lingkungan di Sekitar Kita


Karya: Yeni Marlena

Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah dan bau yang tidak sedap. Dengan adanya lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang dari berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya.

Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang menciptakan kedamaian, semua ini dapat kita lakukan dengan perbuatan kecil dan sederhana, dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita.

Kebersihan lingkungan bisa kita mulai dari lingkungan rumah tempat kita tinggal, untuk membersihan lingkungan di sekitar rumah, kita bisa melakukan dengan membersihkan halaman dan sekitaran rumah tempat kita tinggal, untuk itu mari kita sama-sama membiasakan diri dengan pola hidup yang bersih agar menjaga kebersihan lingkungan.

Ada yang tidak kalah penting untuk kita lakukan adalah menanam tanaman, dimana tanaman mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai penyaring debu, penyimpan air tanah, penyejuk dan pendingin alami, selain itu tanaman juga dapat dijadikan sebagai taman yang akan memberikan suasana asri dan indah lingkungan sekitar kita.

Dengan adanya pohon yang rindang, taman yang asri, otomatis kita akan menjadi nyaman dan betah di rumah maupun di kantor dalam melaksanakan tugas sehari - hari.

Menurut saya, kebersihan lingkungan bukan hanya tentang apa yang ada disekitar kita tetapi juga bagaimana kita membuat lingkungan itu menjadi tempat ternyaman bagi kita.

Ada pepatah mengatakan bahwa “ Kebersihan adalah Sebagian dari iman” maka dari itu jangan sampai kita mengurai rasa tanggung jawab kita sebagai masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tanpa kita sadari lingkungan yang bersih akan memberikan efek postitif terhadap sesama kita.

Lingkungan yang bersih akan memberi beragam manfaat bagi kita juga orang lain di sekitar kita.

Kebersihan lingkungan harus selalu dijaga agar kita, keluarga, dan masyarakat bisa terhindar dari berbagai penyakit dan tetap merasa aman, nyaman, dan tentram.

Bukan hanya itu saja kita juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan memberikan perilaku yang positif. Jadi, marilah kita semaksimal mungkin melakukan hal sekecil apapun untuk menjaga lingkungan. Dan marilah kita bersama-sama menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan, karena jika bukan kita yang membiasakan diri siapa lagi yang akan mengatasi masalah ini.

Semoga kita menjadi manusia yang taat dalam menjaga lingkungan, jangan hanya menjadi manusia yang serakah terhadap lingkungan sekitar dan hanya tau menggunakannnya tanpa menjaganya.

  

SEKIAN DAN TERIMAKASIH




Penulis: Yeni Marlena

#tugasopini

Previous Post
Next Post

0 comments: