Friday, December 8, 2023

KERESAHAN TENTANG PENDIDIKAN DI KAMPUNG HALAMAN

KERESAHAN TENTANG PENDIDIKAN DI KAMPUNG HALAMAN

Banyak anak anak ataupun remaja di kampung saya memilih untuk bekerja dari pada melanjutkan sekolah,mereka lebih memilih bekerja dari pada melanjut kan sekolah karna tidak ada nya sekolah menengah pertama(SMP),dan sekolah menengah atas (SMA),karna kurangnya akses jalan di desa saya. Jalan yang rusak dan harus menyebrang sungai menggunakan perahu,membutuhkan biaya sekitar 10-100RB untuk menyebrang ke kampung saya,itu juga menjadi salah satu alasan anak anak dan remaja di kampung saya lebih memilih bekerja dari pada bersekolah.

Kurang nya kesadaran masyarakat di kampung saya terhadap penting nya pendidikan,dan lebih memilih menikahi anak nya,dengan alasan kurang nya biaya untuk menyekolahi anak nya. Dampak dari itu banyak remaja remaja di kampung saya yang sudah menjadi duda atau janda,karna kasus perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Semua ini terjadi karna tekanan hidup, tekanan ekonomi, kontrol diri yang buruk, dan ketidakmampuan menyelesaikan persoalan dalam hidup. Semua itu terjadi karna kurang nya pengetahuan dan kurang nya pendidikan

Saya sering melihat banyak terjadi nya konflik di kampung halaman saya,karna banyak nya remaja remaja yang mabuk mabukan.miris sekali melihat remaja yang harus nya menjadi penerus generasi bangsa tapi malah menjadi pemabuk dan pemberontak,semua itu terjadi karna kurang nya pengetahuan dan pengajaran tentang etika.kurang nya kesadaran para orang tua di kampung sayaberdampak kurang baik bagi pendidikan anak terutama bagi perkembangan belajar anak. Dimana anak mampu mengekspresikan diri di dunia luar bersosialisai bersama masyarakat luar, karena pengaruh perhatian orang tua rendah maka potensi anak juga akan rendah Kesadaran dari orang tua itu perlu karna orang tua lah yang membantu anak nya berdidi.

Kurang nya kesadaran pemerintah dan pengurus desa terhadap desa desa kecil juga menjadi salah satu alasan nya,kurang nya prihatin dan rasa manusiawi terhadap anak anak yang tidak mendapat kan pendidikan.Untuk meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, aksesibilitas harus ditingkatkan. Pemerintah harus memperluas jangkauan pendidikan, terutama di daerah-daerah terpencil, dengan menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai dan mengembangkan program pendidikan jarak jauh.

Kedua, kualitas pendidikan harus ditingkatkan. Pemerintah harus meningkatkan fasilitas sekolah dan menarik guru-guru berkualitas untuk mengajar di daerah-daerah terpencil. Kurikulum juga harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa, dan sistem evaluasi harus diperbaiki untuk memastikan penilaian yang akurat.Ketiga, investasi pada pendidikan harus ditingkatkan. Pemerintah harus mengalokasikan anggaran yang cukup untuk pendidikan dan mengembangkan program beasiswa untuk membantu siswa yang kurang mampu.

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk masa depan individu dan masyarakat. Selain memberikan pengetahuan dan keterampilan, pendidikan juga membantu dalam pembangunan karakter, peningkatan kesempatan kerja, pemberdayaan individu, dan menciptakan masyarakat yang lebih maju dan harmonis.

Dampak dari rendahnya kualitas pendidikan tersebut yakni rendahnya mutu sumberdaya manusia yakni rendahnya produktivitas dan rendahnya daya saing,upaya yang harus kita lakukan dengan cara meninjau kampung kampung terpencil.



Penulis: Maria Monika 

#tugasopini

Previous Post
Next Post

0 comments: