Friday, December 8, 2023

Membentuk Kader Progesif dan Berkarakter Intelektual Populis

 Membentuk Kader Progesif dan Berkarakter Intelektual Populis

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palangka Raya “Sanctus Dionisius” melaksanakan Masa Bimbingan (MABIM) II. (Kamis, 07/12/2023)

Sebelum masuk dalam rangkain pembukaan Masa Bimbingan (MABIM) II PMKRI Cabang Palangka Raya mengadakan misa pembuka yang di pimpin oleh Romo Alfonsus Danang. W, Pr, dimana dalam kotbah yang disampaikan oleh romo bahwa MABIM adalah salah satu perwujutan nyata perbuatan mewujudkan iman kita kepada kristus, romo juga mengatakan PMKRI adalah wadah untuk saling bertukar pikiran, pendapat, saling menguatkan, saling menentukan disini tempatnya, semoga dengan adanya MABIM PMKRI Cabang Palangka Raya “Sanctus Dionisius” ini organisasi kita bersama, tutupnya.

Rangkaian pembukaan Masa Bimbingan (MABIM) II ini turut dihadiri sejumlah tamu undangan, dalam hal ini Dewan Pendamping, Anggota Penyatu, Pemuda Katolik, WKRI DPP Kalimantan Tengah, WKRI DPC Santa Maia Palangka Raya, BEM UNKRIP, KMK ST. THOMAS AQUINAS, BEM STIPAS, dan AKBID BETANG ASI RAYA, Anggota Biasa dan DPC PMKRI Palangka Raya. 


Dalam laporannya, Sentia Ariyanie selaku Ketua panitia pelaksana MABIM II, menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan proses kaderisasi tahap kedua dan merupakan pendidikan formal kelanjutan dari MPAB. Mengambil tema membentuk kader progesif dan berkarakter intelektual populis.

Adapun jumlah peserta MABIM II kali ini berjumlah 17 orang yang berasal dari beberapa universitas perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di kota Palangka Raya, para peserta MABIM II merupakan anggota muda PMKRI Cabang Palangka Raya yang telah lulus mengikuti kaderisasi tahap pertama Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB).

Pesan ketua panitia kepada peserta MABIM II, "selamat dana semangat mengikuti seluruh alur proses kegiatan dari awal sampai akhir dan tetap menjaga kesehatan selama berkegiatan".


Rahel Dewi Sartika selaku Ketua Presidium Cabang Palangka Raya dalam sambutannya menyatakan seluruh rangkaian kegiatan Masa Bimbingan (MABIM) II akan dilaksanakan tanggal 7 Desember sampai tanggal 10 Desember 2023. 

Rahel menambahkan tema yang diangkat pada MABIM II cukup sulit namun harus dilakukan yaitu Membentuk Kader Progresif dan Berkarakter Intelektual Populis, agar kader bisa mempersiapkan diri dari sekarang untuk Indonesia Emas 2045.

Freddy  Simamora mewakili anggota penyatu dalam sambutnnya, menyatakan bahwa MABIM itu bukan hanya saat mengikuti kegiatan melainkan Masa Bimbingan dimulai dari setelah dinyatakan lulus MPAB. Dirinya juga mengatakan bahwa seseorang akan disebut Kader ketika dia sudah mengikuti LKK. Jika hanya lulus MABIM disebut anggota, tetap berproses dengan baik dalam kegiatan Masa Bimbingan, tutupnya.

Sebelum sampai di penghujung acara pembukaan pelaksanaan kegiatan Masa Bimbingan (MABIM) II, PMKRI Cabang Palangka Raya menyajikan nuansa yang berbeda dengan menampilkan pertunjukan tarian nusantara diantaranya, tarian khas dayak, tarian batak, tarian nias, tarian manggarai dan tarian atambua.

Pembukaan Masa Bimbingan (MABIM) II berjalan dengan baik. Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari 8-10 Desember bertempatan di Margasiswa PMKRI Cabang Palangka Raya Jalan Batu suli V ujung.


Penulis: Kripinus Seran (Koor Dokumentasi)
Previous Post
Next Post

0 comments: