Friday, December 8, 2023

SAMPAH BERTEBARAN

SAMPAH BERTEBARAN

Sampah menjadi masalah yang serius dari dahulu hingga sekarang, sampah yang dibuang lama kelamaan akan menumpuk dan merusak lingkungan. Masih banyak masyarakat yang tidak peduli dan membuang sampah sembarangan seperti di sungai dan laut.

Padahal hal tersebut jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan banjir dikarenakan air yang tidak dapat mengalir semestinya sehingga terjadi luapan di lingkungan sekitar. Banjir yang terjadi di permukiman akan menimbulkan kerugian dan menghambat aktivitas masyarakat.

Tidak hanya menyebabkan banjir, air dan tanah akan tercemar oleh sampah yang dibuang tidak pada tempatnya serta akan menjadi masalah yang serius dikemudian hari. Seperti kualitas air yang kurang baik sehingga berdampak pada kesehatan manusia dan mengancam ekosistem bahari yang dapat merugikan hewan laut.

Kebiasaan membuang sampah sembarangan ini akan terus menjadi kebiasaan buruk jika masih banyak yang belum Menurut saya sampah itu meruapakan material-material yang sudah tidak digunakan.

Adapun hal atau solusi yang saya ingin lakukan adalah tetap menjaga kebersihan, tidak membuang sampah Sembarangan, harus lebih menyadarkan diri lagi, dan juga mengajak orang-orang di sekitar untuk menjaga kebersihan biar lingkungan tetap aman nyaman dan sehat.

Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan. Maka dari itu, mulai sekarang marilah kita membiasakan diri untuk tidak membuang sampah.




Penulis: Siskanaria Gulo

#tugasopini

Previous Post
Next Post

0 comments: