Tuesday, October 5, 2021

Peringati Hari Guru Sedunia, Mahasiswa FKIP UPR Laksanakan PPL-II

 


suaradionisius.com - Hari Guru Sedunia  yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Tujuan diperingatinya hari ini adalah untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru.

Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah rasa kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi demi berlangsungnya cita-cita dari berbagai bangsa.

Dalam proses menjalankan pendidikan di Indonesia, Pancasila sebagai pondasi dasar berdirinya negara merupakan landasan ideologi dasar. Landasan ini bersifat mengikat dan memiliki kekuatan hukum bagi pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya pendidikan bagi mutu dan kualitas bangsa. Hadirnya seorang guru tentu sangat diharapkan membawa perubahan-perubahan yang lebih signifikan dan mampu menjembatani setiap insan peserta didik sehingga mereka minimal mampu berjalan mandiri pada hal tertentu. Dengan demikian cita-cita bangsa hari ini dapat dikatakan lahir dari sebuah sistem pendidikan yang dimana unsur guru sebagai penentu arah nasib bangsa ini kedepannya. 

Bersamaan pada momentum hari guru sedunia ini juga, Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya  dari berbagai Program Studi diserahkan oleh Dosen Pembimbing kepada pihak SMAN 3 Palangka Raya dalam mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan II (PPL-II) yang terhitung hari ini 5 Oktober 2021 dan berakhir sebelum 20 Desember 2021. Tentunya proses ini adalah sebagai bukti bahwa kepedulian pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan khususnya pihak penyelenggara  sudah menjalani kerjasama yang baik dengan sekolah. Hal yang diharapkan dalam pelaksanaan program ini adalah bagaimana kita memanfaatkan kesempatan ini dalam membangun relasi dan komunikasi yang baik, menambah wawasan  pengalaman khususnya sebagai guru dan mengenal sistem pendidikan yang ada di sekolah serta mengenali setiap karakter peserta didik sehingga ini menjadi modal dan langkah awal membekali diri dan kemudian melahirkan guru-guru profesional. 

Penulis, Eduardus Setno (Mahasiswa PPL-II)

Editor, PRT PMKRI Cab. Palangka Raya
Previous Post
Next Post

0 comments: