Saturday, March 25, 2023

SEPAK BOLA APUI

SEPAK BOLA APUI



Bahasa Katingan Dayak Ngaju

Sepak bola apui merupakan salah satu permainan tradisional je tege melai Kab. Katingan, terlebih melai lewu-lewu je ngundong melai saran sungei. Dan sepak bola apui tun are lun je rajin main ah terutama kawan bujangan dan lun bakas, sepak bola apui yeje sebuah permainan bola pada umumnya, cuma je membedakannya melai bola ah. Zaman behin sepak bola apui merupakan suatu rangkaian ritual adat, je kana mainkan ketika lai akan napara nyeha tana bapindah ataupun himba lakau je akan digunakan sebagai tana dan dimainkan kia ketika lai lagi nunggu hatu (khusus akan umat je beragama kaharingan).

Cara permainan sepak bola apui tun yeje,bola kana tapa bara sawut enyuh je batue dan jadi kamecang lalu kawan sawut enyuh je jadi kana kumpul dan jdi kamecang je ngarandam melai minyak bensin ataupun solar tujuan je mangat minyak tau meresap melai serat-serat sawut enyuh. Dan permainan sepak bola apui tun keseringan dimainkan amun jadi andau batinget alasan ah gawin lebih rami, menantang dan tege keindahan tersendiri,gawi penerangan hanya hapa lampu seadanya dan cahaya kebanyak berasal bara bola apui. Peraturan main sepak bola apui tun dia kecu beda umba permaianan sepak bola je biasa, sama-sama takuan bara due gawang dan ice tim tau terdiri bara lime beti pemain ataupun labih sasuai umba kesepakatan pemain, serta ice beti jadi wasit.

Permainan sepak bola apui tun jadi jarang kanasundau bahkan hampir dia puji ndai di mainkan (huang punah) alasan embat kanapander kilau je, yeje gawin seiring berkembangnya kemajuan zaman anak bujangan maupun ulun bakas bahkan kawan tabela sekalipun memilih lebih fokus ngusik hp, apalagi melai hp jadi tersedia game online video-video lucu dan are filtur menarik je beken jadi lama-kelamaan permainan tradisional tun tau dilupakan.

 Meskipun sepak bola apui termasuk permainan je cukup bahaya dan gatung kia resiko terjadi cedera, gawin je pemain di harapkan tau berkompetisi yeje dengan tetap gite keselamatan lawan maupun kawalan ice tim. Jadi nilai je tege melai permainan sepak bola apui tun mengandung peteh moral, yeje sebuah kahanyi dan keyakinan, serta kahinjean dan tau sportivitas.



SEPAK BOLA API

Terjemahan Bahasa Indonesia 

Sepak bola api merupakan salah satu permainan yang ada di Kab. Katingan, terlebih di desa-desa yang tinggal di pinggiran sungai. Dan sepak bola api ini banyak orang yang suka memainkannya terutama kalangan muda dan orang dewasa, sepak bola api yaitu permainan seperti sepak bola pada umumnya hanya yang membedakannya terletak pada bolanya. Zaman dulu sepak bola api merupakan suatu rangkaian ritual adat, yang dimainkan ketika akan membuka ladang berpindah ataupun membuka hutan belantara untuk dijadikan sebagai ladang dan dimainkan juga ketika orang menunggu jenazah (khusus untuk umat yang beragama kaharingan).

Cara permainan sepak bola api ini yaitu, bola dibuat dari bongkahan sabut kelapa yang sudah tua dan kering lalu semua bongkahan sabut kelapa yang sudah dikumpulkan di rendam ke dalam minyak bensin ataupun minyak solar tujuannya agar minyak dapat meresap kedalam serat-serat sabut kelapa. Dan permainan sepak bola api ini biasanya dimainkan ketika hari sudah gelap alasannya karena lebih ramai, menantang dan mempunyai keindahan tersendiri, karena penerangan hanya menggunakan lampu seadannya dan cahaya lebih banyak berasal dari bola api. Peraturan main sepak bola api juga tidak jauh berbeda dengan permainan sepak bola pada biasanya sama-sama terdiri dari dua gawang dan satu tim bisa terdiri dari lima orang pemain bisa juga lebih tergantung kesepakatan dari pemainnya, serta satu orang sebagai wasit.

Permainan sepak bola api ini sudah jarang ditemukan bahkan sudah hampir tidak pernah dimainkan (hampir punah) alasan menggapa dikatakan seperti itu, karena seiring berkembangnya kemajuan zaman anak muda maupun orang dewasa dan bahkan anak kecil sekalipun memilih untuk fokus bermain handpone apalagi didalam handpone sudah tersedia game online, video-video lucu dan berbagai filtur menarik lainnya jadi lama-kelamaan permainan tradisional ini bisa dilupakan. Meskipun sepak bola api termasuk permainan yang cukup berbahaya dan sangat tinggi juga resiko terjadinya cedera, oleh sebab itu diharapkan pemain bisa berkompetisi yaitu dengan tetap memperhatikan keselamatan lawan maupun teman satu tim. Jadi nilai yang ada dalam permainan sepak bola ini mengandung pesan moral yaitu sebuah keberanian dan keyakinan serta kebersamaan dan saling supportivitas.


#harimasyarakatadat

#lombamenulis

#opini


Penulis

Tista Kamala 

 

Previous Post
Next Post

0 comments: