Thursday, March 23, 2023

PENGGILINGAN PARE MANUAL

 


PENGGILINGAN PARE MANUAL

Bahasa Dayak Taboyan 

Bias merupakan bahan pangan dan salah satu sumber karbohidrat ley bahan pangan pokok tong bali unuk masyarakat Indonesia. Namun toankah ikam, ngeteme proses penggilingan pare jari bias bayuh terutama masyarakat dayak ra nondo teke pedalaman pengunungan, nekeme rata- rata masyarakat berprofesi jari petani. Jadi alat ehe adalah putaran pare tekeme alat ehe depakai tong proses penggilingan pare secara manual pakai menghasilkan bias. Putaran pare iro terbuat neke batang kayu ra kuat, alat penggilingan manual he haot jarang bene de ruku saat ehe, dan masyarakat nehe gin jarang naan ra makai gonen zaman ra semakin maju dan modern nekeme alat- alat canggih haot dekeneruku, jadi masyarakat nehe bapindah menggiling pare menjadi bias langsung makai mesin.

Alat ehe dipakai ali Itak dan Kakah pada zaman bayuh, nekeme pada zaman bayuh iro tepat e te tana dayak masyarakat memang makai alat he tong proses penggilingan pare dan nehe haot awe depakai eso, anakia- kia milenial ra awe ketoan atau bahkan awe piji ngeringa kata putaran pare e. Jadi mari taka belajar eso neke budaya dan teknologi re depakai pada zaman bayuh mangat tau memperkenalkan tong anak opo taka nehe bahkan alat he piji depakai dan sangat ngawat pembolum masyarakat bayuh.


PENGGILINGAN PADI MANUAL

Bahasa Indonesia 

Beras merupakan bahan pangan dan salah satu sumber karbohidrat juga bahan pangan pokok bagi sebagain besar masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda, bagaimana proses penggilingan padi menjadi beras pada zaman dahulu terutama masyarakat dayak yang tinggal di pedalaman pegunungan, dimana tara- rata masyarakat berprofesi sebagai petani. Jadi alat ini adalah putaran padi dimana alat ini digunakan untuk proses penggilingan padi secara manual untuk menghasilkan beras. Putaran padi tersebut terbuat dari pohon kayu yang kuat, alat penggilingan manual ini sudah sangat jarang ditemukan lagi sekarang, dan masyarakat sekarang juga jarang ada yang menggunakannya karena zaman yang semakin maju dan modern dimana alat- alat canggih sudah ditemukan, jadi masyarakat sekarang beralih menggiling padi menjadi beras langsung menggunakan mesin.

Alat ini digunakan oleh nenek dan kakek kita pada zaman dahulu, dimana pada zaman dulu tepatnya di tanah dayak masyarakat memang menggunakan alat ini untuk proses penggilingan padi dan sekarang sudah tidak digunakan lagi, mungkin banyak anak- anak milenial yang tidak tahu atau bahkan tidak pernah mendengar kata putaran padi ini, jadi mari kita belajar lagi dari budaya dan teknologi yang digunakan pada zaman dulu agar bisa memperkenalkan ke anak cucu kita sekarang bahwa alat ini pernah digunakan dan sangat membantu kehidupan masyarakat dulu.


#harimasyarakatadat

#lombamenulis

#opini


Penulis

Melinia Pereira

Previous Post
Next Post

0 comments: