Saturday, March 25, 2023

Tulila, Alat Musik Batak na Marugasan Arga Spiritual

Alat Musik Tradisional TULILA

Tulila, Alat Musik Batak na Marugasan Arga Spiritual 

Sumatera Utara ditanda dohot godang ni suku adat , songon suku adat Batak. Suku adat Batak Tobama . Suku Batak Toba ditanda dohot bangko hasomalanna. Asing bangko hasomalan na ditanda bagak, hasomalonna pe di tanda burju jala denggan. 

Hasomalon halak batak jotjot do diulahon dohot diolophon dohot angka pertunjukan seni , songon pertunjukan uning uningan halak batak. Alat musik halak batak pe godang jenisna. Contoh sian alat musik batak ima sulim na cara mamangke na di ombus; hacapi n acara mamangke na di petik; gondang manang na disebut taganing na cara mamangke na di lotak. 

Najolo adong sada alat musik halak batak na dipangke di bagas ulaon-ulaon spiritual jala goar ni alat musik batak i ima tulila. Naung godang do hita halak batak dang mananda huhut mamangke alat musik tulila on. Tulila marrupa songon sulim alai tulila on um gelleng sian sulim. Tulila najolo dipangke laho mamuji dohot pasangaphon goar ni Debata Jahowa alana suara ni tulila on Sarupa songon suara ni tutuan pidong. 

Di zaman na semakin canggih on godang angka naposo, tarlumobi di angka naposo ni halak batak um mamillit marmeam handphone dari pada mangaradoti dohot marsipature angka budayana sandiri. 

Tulila dibahen sian sada batang bambu. Cara mamangke alat musik tulila on ima di ombus. Tulila mampuna 2 lobang penyaring di kiri dohot dikanan dohot sada lubang pangombusanna di tonga-tonga na. Adong ma sahalak musisi batak na berasal sian Samosir na margoar Hardoni Sitohang jala ibana merupakan sahalak naposo na jotjot mangaradoti alat musik i. 

Hardoni Sitohang tubu sian pasangan Guntur Sitohang dohot Tiamsah Habeahan na di tanggal 23 April 1978 sian desa Harian Boho. Ibana sanga marsikkola di Universitas Negeri Medan (UNIMED), Fakultas Budaya dan Sastra, Jurusan Musik. Ibana tong do sebagai guru mangan pangajari di Universitas Negeri Medan. 

Sian gelleng Hardoni Sitohang nunga ditogihon bapana na marupahon guru jala na jotjot mangaradoti dohot paturehon adat batak. Hardoni Sitohang pe dohot marsaor di sada punguan na margoar “Neo Tradisional Art”. Pandok Hardoni, tulila holan di pangke hira hira mamuji dohot mamuliahon goar ni Debata melalui perseorangan. "mulo didokhon mistis holan halak najolo do mandokhon i," didokna. 

Hata hata I didokhon Hardoni tingki disukhun di ulaon adat dan budaya Batak na diulahon ima di Anjungan TMII taon 2017 salpu. Sahat saonari hita boi mambege suara na lambok sian alat musik tulila on di bagas ni channel Youtube Hardoni na dibahen goarna Hardoni Sitohang. 

Na manurat on pe hea do mandapot kesempatan laho parmeamhon alat musik tulila I sian sahalak pangajari manag sahalak guru iba na margoar Sunardi Tobing. Pangajari I pe mampatarhon sian dia asal usul alat musik i. 

Molo pangajar i mandok, molo boi hita menguasai jala boi mamamngke tulila I secara denggan dohot bagak hita nga martamiang tu Debata. Alai angka naposo saonari hurang mamparateatehon alat musik i. 

Na manurat ingot , ima di taon 2020 na salpu alat musik tulila i dilehon pangajarihon hu tu namanurat jala pangajarihon i marharop as ana manurat on boi mamangke jala boi mangaradoti alat musik tulila on. Na manurathon mandok mauliate tu Sunardi Tobing dohot Hardoni Sitohangna olo dope manjaga jala melestarihon adat batak. 

Na manuat pe marharop asa angka naposo, apalagi naposo halak batak asa olo melestarihon budaya batak, tarlumobi do dibagian seni dohot angka bangko hasomalan tarlumobi alat musik tradisional . 

Songonima na boi di surathon na manurat di bagas opini na manurat. Namanurat mandok mauliate godang dohot mangido maaf molo adong panggunaon hat ahata na salah, na manurat mangido maaf.(*) 



Terjemahan Bahasa Indonesia 

Tulila, Alat Musik Batak yang Sarat Nilai Spiritual 

Sumatera Utara terkenal dengan banyaknya suku adat, di antaranya suku adat Batak. Suku adat Batak Toba adalah salah satunya. Suku Batak Toba dikenal dengan adat istiadatnya. Selain adat istiadat yang terkenal, budayanya juga dikenal dengan baik. 

Budaya daerah adat Batak juga didukung dengan pertunjukan seninya, salah satunya pertunjukan permainan alat musik tradisional. Alat-alat musik daerah yang dimiliki oleh suku Batak sangat banyak jenisnya. Contoh alat musik Batak Toba adalah seruling yang dimainkan dengan cara ditiup; kecapi yang dimainkan dengan cara dipetik; gendang atau yang disebut taganing dimainkan dengan cara dipukul. 

Dulu ada sebuah alat musik Batak yang digunakan dalam kegiatan spiritual dan alat musik tersebut adalah tulila. Sudah jarang masyarakat adat Batak yang menggunakan dan mengenali alat musik tersebut. Tulila berbentuk seperti seruling akan tetapi bentuknya lebih kecil. Tulila dulunya digunakan untuk memuji dan memuliakan Tuhan karena suaranya yang sama seperti kicauan burung. 

Di zaman yang semakin canggih ini banyak anak-anak muda bangsa, khususnya generasi muda Batak lebih memilih bermain handphone dari pada merawat dan melestarikan budaya sendiri. 

Tulila adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Cara memainkan alat musik tulila ini adalah dengan cara ditiup. Tulila mempunyai 2 buah lubang penyaring di sebelah kiri dan kanannya dan lubang tiup berada di tengahnya. Seorang musisi Batak asal Samosir bernama Hardoni Sitohang merupakan salah seorang pemuda Batak yang masih mempertahankan alat musik tersebut. 

Hardoni Sitohang lahir dari pasangan Guntur Sitohang dan Tiamsah Habeahan pada tanggal 23 April 1978 di desa Harian Boho. Dia sempat bersekolah di Universitas Negeri Medan (UNIMED), Fakultas Budaya dan Sastra, Jurusan Musik. Dia juga merupakan seorang dosen di Universitas Negeri Medan. 

Sejak kecil Hardoni Sitohang sudah diajak sang ayah yang merupakan seorang seniman yang masih melestarikan budaya Batak. Hardoni Sitohang juga bergabung dengan salah satu grup musik yang bernama “Neo Tradisional Art”. Menurut Hardoni, tulila hanya dipakai sebagai media komunikasi kepada Tuhan secara personal. "Kalau dianggap mistis, itu hanya pemahaman pada zaman dulu," ungkapnya. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Hardoni saat ditanyakan pada acara adat dan budaya Batak yang diadakan di Anjungan TMII pada 2017 lalu. Sampai saat ini kita masih bisa mendengarkan suara merdu dari alat musik Batak tersebut di channel Youtube Hardoni yang diberi nama Hardoni Sitohang. 

Penulis juga pernah mendapatkan kesempatan untuk memainkan alat musik tersebut melalui seorang guru yang sekaligus merupakan pembimbing saya, yaitu Sunardi Tobing. Guru yang mengajarkan penulis menceritakan bagaimana asal muasal alat musik tersebut. 

Menurut beliau, jika kita dapat memahami dan menggunakan alat musik tersebut dengan baik secara tidak langsung kita telah berdoa kepada Sang Pencipta. Akan tetapi anakanak muda sekarang sudah mulai melupakan dan hampir tidak bisa melestarikan alat musik tersebut. 

Penulis ingat, di tahun 2020 yang lalu alat musik tulila tersebut diberikan oleh guru penulis kepada penulis dan sang guru tersebut berharap agar penulis dapat menjaga dan melestarikan budaya dan adat Batak terlebih untuk alat musik tulila. 

Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Sunardi Tobing dan Hardoni Sitohang yang masih mau untuk menjaga dan melestarikan suku adat Batak. Penulis juga berharap agar generasi muda, terkhususnya generasi muda Batak mampu melestarikan budaya Batak, terlebih lagi di bagian seni budaya dan adat istiadat terkhususnya alat musik tradisional. 

Sekian yang bisa penulis tuliskan di dalam opini penulis. Penulis ucapkan banyak terima kasih dan juga jika ada salah penggunaan kata, penulis meminta maaf.(*)


#harimasyarakatadat

#lombamenulis

#opini


Penulis

Michael Sijabat (Anggota Biasa PMKRI Cabang Pemantang Siantar)

Previous Post
Next Post

1 comment: