Thursday, March 23, 2023

Menggali butir-butir mutiara Pancasila dalam Kebudayaan

 


Tema : “Menggali butir-butir mutiara Pancasila dalam Kebudayaan”

Bahasa Dayak Ngaju

Pancasila iete cita-cita bangsa akan harian andau, bangsa Indonesia dengan keragaman, tege bahasa, budaya, agama, ras bara Sabang sapai Merauke dengan toh tatap manjunjung Pancasila ideologi negara itah. Pancasila je are arti manampa itah manggarak hong masyarakat. Pire-pire Pancasila toh itah mahaga akan budaya tatap injaga dengan dilestarikan. Zaman metuh toh modern manampa masyarakat jadi maniru budaya bara luar, dengan jite akan masyarakat Indonesia tatap tarus manahan Pancasila hong bentuk pambelom berbangsa dan bernegara.

Manurutku, tege lomba basa daerah toh, iharap manampa inovasi hong tulisan akan tatap mahaga budaya meskipun zaman je modern wayah toh. Je paling penting akan pamuda Provinsi Kalimantan Tengah calon pamimpin harian andau, melai lenge itah kabaun kareh, dengan te itah manjadi bangsa Indonesia terkhususnya melai eka itah Kalimantan Tengah je injuluk Bumi Pancasila, itah harus terapkan budaya terutama Falsafah Huma Betang melai pambelom sahari-hari. Sebagai pamuda Kalimantan Tengah itah harus bangga dengan mahaga budaya seperti kakare kagiatan je ilaksana tege Festival Isen Mulang, Festival Tambun Bungai, Festival Babukung je jadi sapai Nasional bahkan Internasional.

Dengan tege kagiatan toh semoga itah tatap manahan ideologi Pancasila agar budaya itah tatap tege sapai harian andau, masyarakat tatap mahaga persatuan dan kesatuan. Hong hetuh itah sebagai pamuda harapan bangsa akan kraetif dan inovatif manampayah suasana wayah toh. Bara toh itah simpulkan iete Kaije, sebagai pamuda itah harus aktif hong kagiatan je baguna agar itah tau manggali Pancasila je ilaksana hong masyarakat tukep itah. Kadue, samoga harapan itah tau terwujudkan, budaya je tege tatap ihaga. Bara jite uras tege melai itah masing-masing akan berpartisipasi hong kagiatan kebudayaan, metuh toh itah wujudkan budaya Pancasila je Berkah kilau KALTENG BERKAH.


#BELOM PANCASILA

#BUMI PANCASILA

#KALTENG BERKAH

#INDONESIA KABAUN


Terjemahan Bahasa Indonesia

Pancasila yaitu cita-cita bangsa di masa depan, bangsa Indonesia dengan beraneka ragam, seperti bahasa, budaya, agama, ras dari Sabang sampai Merauke yang mana harus tetap menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi negara kita. Pancasila yang memiliki banyak arti membuat kita akan mengimplementasikannya di masyarakat. Butir-butir Pancasila harus kita jaga agar kebudayaan tetap terjaga dan dilestarikan. Perkembangan zaman yang semakin modern membuat masyarakat sudah mengikuti kebudayaan dari luar, untuk itu kepada masyarakat Indonesia agar terus mempertahankan Pancasila ini di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut saya dengan adanya lomba menulis bahasa daerah ini mampu untuk membuat suatu inovasi melalui tulisan agar kita tetap menjaga budaya meskipun zaman yang semakin modern ini. Terutama bagi pemuda Provinsi Kalimantan Tengah calon pemimpin masa depan, di tangan kitalah nasib kedepannya, dengan itu kita jadikan bangsa Indonesia terkhususnya daerah kita Kalimantan Tengah tetap menggali butir-butir Pancasila dalam kebudayaan. Apalagi Provinsi Kalimantan Tengah dijuluki Bumi Pancasila yang mana kita harus terapkan budaya terutama Falsafah Huma Betang dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang pemuda Kalimantan Tengah juga harus bangga dengan kita menjaga budaya seperti dilaksanakan berbagai kegiatan yaitu Festival Isen Mulang, Festival Tambun Bungai, Festival Babukung yang sudah sampai Nasional bahkan Internasional.

Dengan adanya kegiatan tersebut semoga kita tetap mempertahankan ideologi Pancasila agar budaya kita tetap ada hingga masa yang akan datang, masyarakat tetap mejaga persatuan dan kesatuan. Saatnya kita sebagai pemuda harapan bangsa untuk kreatif dan inovatif dalam melihat suasana sekarang ini. Dapat kita simpulkan bahwa Pertama, sebagai pemuda kita harus aktif dalam kegiatan yang bermanfaat agar kita dapat menggali Pancasila yang diterapkan di masyarakat sekitar kita. Kedua, semoga harapan kita dapat terwujudkan, budaya yang ada tetap dilestarikan. Dari itu semuanya hanya ada di diri kita masing-masing untuk berpartisipasi dalam kegiatan kebudayaan, marilah kita wujudkan budaya Pancasila yang berkah layaknya KALTENG BERKAH.


#HIDUP PANCASILA

#BUMI PANCASILA

#KALTENG BERKAH

#INDONESIA MAJU


#harimasyarakatadat

#lombamenulis

#opini


Penulis

Ahmad Satria


Previous Post
Next Post

0 comments: