Friday, August 6, 2021

Dengar Pendapat Mahasiswa BARTIM di kota palangka raya dengan Pimpinan DPRD BARTIM

    

    Suara Dionisius.Com – Himpunan Mahasiswa Barito Timur di Kota Palangka Raya dan Pengurus Asrama di Kota Palangka menerima kunjungan dari DPRD Kabupaten Barito Timur yang langsung dihadiri Ketua DPRD Bapak Nur Sulistio, Wakil Ketua I Bapak Ariantho S. Muller, Wakil Ketua II Bapak Depe, S.E untuk mendengar aspirasi yang disampaikan mahasiswa yang berkuliah di kota Palangka Raya. (06/08/2021)

  Kunjungan tersebut diadakan di Asrama Barito Timur Jln. B. Koetin, Palangka Raya. Sebelum memulai dialog Ketua Umum HIMA Bartim Sdr. Obi Seprianto menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari pimpinan DPRD Bartim yang meluangkan waktu untuk dapat mendengarkan aspirasi yang sifatnya penting dalam menunjang peningkatan SDM di Kabupaten barito timur.

 Dalam dialog tersebut beberapa hal yang disampaikan mahasiswa bartim seperti kondisi yang ada di Asrama Barito Timur baik dari segi fasilitas maupun infrastruktur saat ini perlu menjadi perhatian untuk selanjutnya disampaikan kepada Pemerintah Daerah Barito Timur. Karena ada beberapa WC asrama yang tidak layak digunakan, kamar keramiknya rusak, fasilitas kamar tidak ada dan harapannya perlu ada pemasangan WIFI untuk menunjang proses pembelajaran online.

 Selain itu juga berkaitan dengan beasiswa diprogramkan Pemerintah Daerah Barito Timur masih belum ada kepastian prosedur yang jelas, seperti tanggal pelaksanaan (mulai dari pengumpulan berkas sampai proses pencairan) belum ada, persiapan dalam mengurus persyaratan berkas sebagian mahasiswa mengalami kebingungan karna lebih seperti bantuan social, dan sangat perlunya sosialisasi kepada SMA/sederajat di Kab. Barito Timur yang memiliki niat yang besar untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, agar memiliki harapan.

 Juga berkaitan dengan lembaga organisasi mahasiswa kedepannya harus terus mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah dalam hal mendukung program kerja, yang tentunya bertujuan mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing mahasiswa yang berkuliah secara terkhusus di kota palangka raya.

 Berkaitan dengan vaksinasi, besar harapannya pemerintah barito timur melalui dinas kesehatan kabupaten barito timur dapat memfasilitasi mahasiswa bartim yang berkuliah di luar bartim dapat menerima vaksin dosis I dan II.

 Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Nur Sulistio menyampaikan “ aspirasi yang sudah disampaikan mahasiswa asal Barito Timur akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kab. Barito Timur untuk dapat diperjuangkan di tahun depan.

 Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur, Ariantho S. Muller juga menanggapi aspirasi “ Terkait pembenahan asrama memang menjadi perhatian Pemerintah Daerah, hal ini jelas wajib untuk mendukung mahasiswa asal Barito Timur untuk berkuliah dan meringankan beban untuk menyewa kost, serta untuk pengurus dan penghuni asrama juga wajib merawat fasilitas asrama yang ada, untuk pembinaan lembaga organisasi yang bergerak dalam pembinaan mahasiswa kami pastinya akan selalu bersedia menjadi pembicara dan mendukung dalam setiap kegiatan yang diadakan. serta untuk vaksinasi ini saya minta untuk pengurus HIMA Barito Timur melakukan pendataan kepada setiap mahasiswa yang berkuliah di kota Palangka Raya agar dapat diakomodir.

 Hal serupa juga disampaikan wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Timur, Depe S.E juga menyampaikan perlunya andil dari Pemerintah Daerah dalam mendukung kualitas SDM melalui sektor pendidikan.“

 Pendidikan adalah dasar awal untuk membentuk suatu SDM yang berkualitas, maka di ranah perkuliahan perlu ada dukungan dari pemerintah dalam memfasilitasi baik moril maupun materiil, untuk menjadikan motivasi mahasiswa dalam berkuliah, sehingga tercapainya SDM yang berkualitas.” pungkasnya.   


Penulis, Rizky Pratama

Editor, Lisa

Previous Post
Next Post

0 comments: