Sunday, August 29, 2021

Resensi Buku : Mengapa Pria Hanya Bisa Mengerjakan Satu Hal dalam Satu Saat dan Wanita Tidak Pernah Berhenti Berbicara ?

Buku dengan Judul “Mengapa Pria Hanya Bisa Mengerjakan Satu Hal dalam Satu Saat & Wanita Tidak Pernah Berhenti Berbicara” di tulis oleh Allan & Barbara Pease merupakan buku yang sangat menarik, karena menujukan perbedaan antara Pria dan Wanita. Yang dimana tujuan dari buku ini adalah untuk membantu kita memahi lawan jenis sekaligus memahami diri sendiri. Karena satu-satunya kesamaan mereka adalah spesies yang sama. Akan tetapi mereka hidup dengan nilai-nilai berbeda dan menurut serangkaian aturan cukup berbeda.

Wanita adalah salah satu makhluk yang sulit untuk dipahami menurut pria, hal tersebut disebakan karena tingkat sensitif pria lebih kecil dari pada seorang wanita. Sama halnya juga dengan wanita sangat sulit baginya memahami jalan pikiran pria karena mereka lebih banyak diam. Wanita sangat ahli dalam memahami perasaan, sehingga mereka mampu untuk merasakan tujuan serta makna dari pembicaraan sehingga hal tersebut membuat wanita lebih mudah memperkirakan apa yang akan terjadi nanti kedepannya serta dapat mengambil langkah awal untuk mencegah terjadinya masalah. Sedangkan pria tidak bisa diandalkan jika mengenai perasaan, tapi mereka sangat ahli dalam hal bekerja dan melindungi. Bukankah itu terdengar sangat luar biasa, dimana wanita memiliki tugas lebih banyak dirumah sehingga mereka dituntut untuk memiliki kemampuan dalam hal merasakan perubahan suasana hati dan sikap halus pada diri orang lain, sedangkan pria memang lebih banyak bekerja daripada memahami apa yang tengah terjadi.

Perbedaan lain yang dapat kita lihat adalah bahwa wanita sangat suka mengobrol tentang semua hal, mereka sangat suka berbicara dan didengarkan serta diberi solusi mengenai masalah mereka. Beda halnya dengan seorang pria mereka lebih suka menyimpan masalah mereka, dalam berbicara pun seorang pria lebih tenang dan pada umumnya pembicaraan mereka lebih terstruktur serta mudah untuk dipahami. Sedangkan wanita ketika berbicara terlalu sulit untuk dipahami oleh pria. Wanita juga memiliki kesulitan dalam kemampuan spasial atau kemampuan terbatas mengenai ruang, misanya seperti memahami arah jalan sehingga seorang wanita sering kali tersesat. Maka dari itu, jangan pernah memberi tahu jalan dengan patokan jarak tapi berilah mereka patokan tempat seperti pom bensin.

Seorang wanita apabila dengan teman-temannya lebih suka mengobrol mengenai masalah pribadi dan perasaan mereka, sedangkan pria lebih suka mengobrol tentang pekerjaan dan hobi mereka. Wanita memiliki bahasa yang sangat sulit dimengerti karena terkadang apa yang mereka ucapkan berlawanan dengan hati mereka, sedangkan pria ketika berbicara sesuai dengan fakta. Seorang wanita tidak akan konsentrasi dengan pekerjaannya, ketika sedang mengalami masalah dengan hubungannya mereka menginginkan komunikasi untuk memecahkan masalah mereka. Beda halnya dengan pria mereka tidak akan fokus dengan hubungannya ketika pekerjaannya sedang mengalami maslah. Sehingga hal itu yang sering menjadi masalah hubungan antara pria dan wanita, wanita ingin diperhatikan dan disayang. Sehingga pria mengecat dapur, memotong rumput dia pikir dengan mengerjakan hal tersebut adalah cara menunjukan kasih sayang. Wanita sangat mencintai pria yang bisa mengakui kesalahan, sedangkan bagi pria mengakui kesalahan berarti mereka gagal.

Banyak sekali perbedaan antara wanita dan pria, akan tetapi dengan komunikasi yang baik dan keterbukaan, maka kita akan bisa saling memahami dan mengharagi. Memang sangat sulit untuk menyatuikan perbedaan, akan tetapi itu yang dituntut dalam menjalin hubungan antara pria dan wanita. Sehingga mau tidak mau pria ataupun wanita harus saling mengerti satu sama lain agar terjalinnya hubungan yang harmonis.

Data Buku
Judul : Mengapa Pria Hanya Bisa Mengerjakan Satu Hal dalam Satu Saat & Wanita Tidak
Pernah Berhenti Berbicara
Penulis : Allan dan Barbara Pease
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan : Pertama, 2017
Tebal : 121 halaman 

Penulis : Biro PGK PMKRI Cabang Palangka Raya (Crew Suara Dionisius)
Editior : PRT PMKRI Cabang Palangka Raya (Crew Suara Dionisius)

  

 

Previous Post
Next Post

0 comments: