Thursday, August 19, 2021

PMKRI Cab. Palangka Raya Refleksikan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Tahun

 

    Suaradionisius.com - Dalam merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Tahun, PMKRI Cabang Palangka Raya melaksanakan dengan cara berbeda yaitu dengan merefleksikan dan memaknai kemerdekaan di mulai dari dalam diri sendiri. Dengan pertanyaan apakah diri kita sudah merdeka ? (17/8)

    Kegiatan tersebut diIkuti oleh Anggota PMKRI Cabang Palangka Raya yang dilaksanakan di Catholic Center Keuskupan Palangka Raya. Kegiatan Refleksi berjalan lancan dan aman, selama satu malam full.

     Dari kegiatan Refleksi tersebut, terdapat kesepakatan narasi yang menjadi spirit yang perlu dibangun dalam Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Tahun ini yaitu: “ Keyakinan untuk merdeka merupakan proses untuk mendapatkan kekuasaan dalam menguasai menguasai diri dan ketangguhan sesungguhnya ketika kamu yakin memiliki semangat rela berkorban cukup dalam hal yang sederhana yang bisa dilakukan”

     Sedangkan berkaitan dengan fenomena sosial yang menjadi permasalahan yang terjadi saat ini, yang menjadi pokok pembahasan yaitu tentang masalah kesehatan masih terdapat pembeda skala prioritas antara golongan menengah keatas dan golongan menengah kebawah dalam proses mendapatkan kesehatan ditengah situasi pandemic Covid-19, berkaitan dengan Pendidikan juga sarana penunjang pembelajaran daring harus diperhatikan jangan sampai tersentralisasi di kota-kota besar dan yang terakhir kebijakan yang diambil pemerintah kota atau provinsi harus lebih memperhatikan aspek kebermanfaatan terhadap masyarakat.

    Obi Seprianto selaku KP PMKRI Cabang Palangka Raya sekaligus fasilitator dalam kegiatan tersebut menyampaikan “Kegiatan ini dilaksanakan secara tertutup dan hening untuk membuka ingatan kembali anggota PMKRI Cabang Palangka Raya tentang semangat kemerdekaan seperti apa yang tertanam dalam dirinya, sebab kemerdekaan sesungguhnya dimulai dari dalam diri kita sendiri”.

    Kegiatan ini diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu 17 Agustus 1945, dengan tujuan mengingat kembali bahwa salah satu spirit perjuangan para pahlawan yaitu tertuang dalam lagu wajib nasional kita. “ Tutupnya


Penulis, PRT PMKRI Cabang Palangka Raya

Previous Post
Next Post

0 comments: