Friday, May 22, 2020

HIMBAUAN ATAU EDUKASI DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Oleh : Maswinda Naibaho

Virus Corona adalah virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Sebagian virusnya dapat mengingeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu, hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

virus ini menyebar antara manusia ke manusia melalui tetesan cairan dari mulut dan hidung saat orang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin, mirip dengan cara penularan penyakit flu. Tetes cairan dari mulut dan hidung pasien  bisa jatuh dan tertinggal pada mulut dan hidung orang lain yang berada di dekatnya, bahkan dihisap dan terserap ke dalam paru-paru orang tersebut melalui hidungnya. Sehingga manusia dilarang untuk berkumupul-kumpul di tempat yang ramai, dan jarak antara satu orang dengan yang lainnya harus berjarak sekitar 5 meter.

Saya adalah seorang yang berada di ruang lingkup  yang beredarnya covid-19, Virus corona ini telah dinyatakan sebagai pandemik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), semua orang dapat meningkatkan kewaspadaan terkait penularan covid-19 yang mematikan. Sehingga dengan hal ini semua orang dihimbau untuk dapat menghadapi kehidupannya dan melaksanakan pencegahan covid-19, seperti yang kita ketahui bersama bahwa covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui cairan pernapasan ketika bersin dan batuk, dengan hal lain penularan covid-19 ini jika kita menyentuh suatu permukaan lalu tangannya menyentuh mulut atau pada area wajah kemungkinan besar kita dapat terkena covid-19 ini.

Sebagai seorang mahasiswa harus lebih akurat dalam melakukan langkah pencegahan  covid-19 ini dengan menjaga Kesehatan tubuh, beraktivitas dalam rumah, istirahat yang cukup dan jangan berkumpul-kumpul di tempat ramai, jangan panik supaya daya imunitas tubuh kita tetap stabil. Dan untuk kepada semua masyarakat harus melakukan upaya pencegahan covid-19 ini dengan melakukan social distancing atau menjaga jarak terhadap yang lainnya ini bertujuan untuk mencegah orang yang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat, jika kita keluar rumah kita dapat menggunakan masker supaya  tidak menghirup udara percikan dari orang lain dan kita dapat melindungi diri dari virus ini, setelah kita selesai dari luar  harus cepat untuk mengganti pakaian atau bisa langsung mandi supaya debu kendraan yang menempel pada pakaian kita tidak bertahan dalam tubuh, kita juga dilarang untuk berjabat tangan antara satu dengan yang lainnya tetapi kita ganti dengan menyapa senyuman hangat. Kita juga dihimbau untuk menghindari penggunaaan tangan karena orang mudah terlena lalu menyentuh benda sehingga dapat membawa virus,  Karena dengan situasi saat ini hal pencegahan yang paling utama, seperti yang terjadi disekeliling kita sudah banyak korban yang terkena covid-19 ini bahkan sudah melebihi batas yang di perhitungkan, selain hal itu juga semua pegawai,  pedagang, petani dan yang lainnya   tidak dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan anak-anak. Dimana penularan covid-19 cenderung pada usia 50 ke atas karna daya imunitas tubuh mereka sudah cepat turun dan mereka panik dengan memikirkan kebutuhan yang mereka inginkan, tetapi rasa panik ini disarankan untuk tidak menyebar informasi yang tidak akurat agar tidak menambah rasa kepanikan yang besar, seperti infomasi yang saya baca di media sosial masih banyak keluarga yang benar-benar membutuhkan dana atau sembako tidak mendapat bagian, dengan hal lain dihimbau  jika kita merasa tubuh  kurang membaik atau flu kita harus menggunakan masker supaya tidak dapat penularan terhadap yang lain, selain itu, ada juga hal  yang dapat kita terapkan untuk menghadapi pandemic covid-19 yaitu mengindari penggunaan uang tunai karena bisa kita anggap tidak bersih, apabila kita dapat menggunakan kartu debit itu merupakan untuk mengurangi penularan covid-19, virus ini dapat menempel pada benda-benda atau pakaian.

Dalam situasi pandemic covid-19 ini semua pihak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat , pola makan yang beragam, bergizi, termasuk juga untuk menyediakan perlengkapan cuci tangan pakai sabun di depan rumah, melakukan olahraga yang cukup sehingga tubuh tetap kuat dan sehat, perlu kita ketahui Bersama ada orang yang terifeksi covid-19 tanpa mengalami gejala penyakit pada umumnya ini disebabkan oleh dari percikan udara orang lain jika keluar rumah tidak menggunakan masker meskipun tubuh kita terlihat sehat tidak batuk namun rentan juga menularkan kepada orang lain. Disinilah pentingnya semua pihak untuk selalu menggunakan masker terutama pada saat di luar rumah, berkendraan umum, tempat umum,  mengingat kembali pentingnya pemakaian masker dan kepemilikan masker disarankan untuk selalu menggunakannya.

Mari kita menjaga kesehatan bersama dengan menaati peraturan yang ada dengan Stayathome supaya dengan hal pencegahan ini dapat menurunkan jumlah korban covid-19 dan kita dapat berdoa, menyerahkan semua yang kita miliki dapat berlalu dengan cepat sehingga kita dapat melakukan kegiatan kita seperti biasanya. Terimakasih.
 
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete