Friday, May 22, 2020

PENERAPAN PROGRAM ONE DOCTOR ONE VILLAGE SEBAGAI SOLUSI PENCEGAHAN PERSEBARAN COVID 19 MELALUI EDUKASI PENDEKATAN DOKTER DENGAN MASYARAKAT DI SETIAP DESA







Oleh : Sultan Fakhrur Rassyi



Perkembangan internasional keseluruhan kasus COVID-19 masih memperihatinkan. Ini adalah perkembangan negatif dan menunjukkan bahwa COVID-19 akan menjadi pandemi yang sangat berbahaya dikalangan masyarakat, terutama mengingat bahwa negara-negara seperti Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Italia telah melaporkan sejumlah besar kasus. Sementara fokus saat ini bergeser dari Cina ke Cina episenter baru dan pengunciannya, informasi baru tentang virus tersedia hampir setiap hari, pengembangan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang cara menghadapi COVID-19. Jika China tidak dapat menampung COVID-19  kasus di dalam perbatasannya meskipun ada upaya besar, pertanyaannya akan muncul apakah negara lain bisa. Kemungkinan besar akan terus maju bahwa meskipun ada pembatasan terus menerus dalam lalu lintas udara, pengiriman, atau sarana transportasi lainnya, COVID-19 pada akhirnya akan menyebar dan membuat kantong virus global kemungkinan jenis virus yang bermutasi baru. Saat diformalkan studi diperlukan, wawasan real-time dari masyarakat memberikan informasi berharga. Beberapa area potensial tempat ASP dapat mendukung upaya tanggap darurat diidentifikasi.
Covid 19 virus corona ini saat ini menjadi virus yang sangat mematikan di dunia bahkan saat ini berdasarkan data dari WHO bahwa jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia berdasarkan data terbaru pada hari ini masih menunjukkan peningkatan. Penambahan juga terjadi pada angka kematian dan kesembuhan pasien Covid-19. Data terbaru hasil update pada Minggu, 20 mei 2020, memperlihatkan total jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 20 ribu lebih pasien. Tercatat ada penambahan kasus positif baru sebanyak 900an pasien dalam 24 jam terakhir. Angka penambahan ini cukup tinggi dibandingkan sebelumnya dan jumlah kasus positif di dunia saat ini  berdasarkan data worldmeters yaitu berkisar 4,9 juta dan  disisi lain 323.412  pasien positif corona meninggal dunia akibat virus corona.
Berdasarkan permasalahan di atas, dapat kita simpulkan permasalahan  penyebaran virus corona sangat cepat,  tentu butuh sebuah inovasi yang dapat dengan secara cepat memutuskan tali rantai dari virus corona di dunia terutama Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan sebuah terobosan terbaru dalam upaya mencegah Virus corona atau covid 19. Maka dari itu penulis memiliki gagasan inovatif sebagai solusi mencegah terputusnya virus corona yang saat ini semakin menyebar di dunia terutama di Indonesia yaitu dengan penerapan program one doctor one village sebagai solusi pencegahan covid 19 di setiap desa yang berada di Indonesia.
1.    Program One Doctor One village
program  one doctor one village ini merupakan sebuah program aksi cepat  tanggap covid19 di setiap desa dengan pengadian satu dokter di setiap  desa  di  Indonesia dan dimana setiap dokter bertanggung jawab atas satu desa, program ini dapat membantu masyarakat pedesaan mulai dari pengecekan  suhu badan ,kesehatan dan sebagainya hal ini dilakukan agar dapat memutuskan rantai penyebaran covid 19 di setiap desa, selain pengecekan kesehatan, juga terdapat edukasi tentang penularan dan pencegahan  covid 19 berikut merupakan rangkaian dari tugas dokter dari program one doctor one village  :
a.    Memberikan Program Edukasi Pengenalan, pencegahan tentang Bahaya Covid 19
Pemberian edukasi bahaya covid ke setiap warga desa sangat penting dalam pencegahan virus ini karena dengan adanya edukasi ini mereka akan lebih tahu seperti apa bahaya dari virus ini selain mengajarkan edukasi dan sosialisasi, tugas dokter disini yaitu bekerjasama dengan pemerintah desa untuk memasang poster bahaya covid 19 serta poster  perbedaan penyakit flu biasa dengan virus corona.


b.    Menugaskan Kesetiap warga untuk berjemur di pagi hari
Dengan Perintruksian atau penugasan langsung ke masyarakat untuk berjemur pada sinar matahari pada pagi hari dapat membuat masyarakat berpartispasi atau melakukan hal tersebut di bawah pengawasan doker dengan petugas – petugas desa sehingga dapat memberikan hasil yang baik untuk mencegah penyebaran virus corona.
c.    Pendistibusian masker
Untuk melaksanakan tugas ini pihak pemerintah harus bekerjasama , dengan dokter yang telah di tugaskan di setiap desa dengan cara mendata jumlah warga per desa sehingga perdistribusian dapat menyebar secara merata.
d.    Edukasi Melalui media sosial atau platform
Saat ini kita berada pada zaman digital dimana 81 % warga Indonesia menggunakan smartphone dengan mengkampanyekan tentang virus corona melalui platform dan media social sangat menarik untuk menyadarkan masyarakat dalam memutuskan penyebaran virus corona di Indonesia. Edukasi melalu media sosial ini bisa dilakukan selama 1 bulan, dengan pembahasan berbeda setiap harinya namun menyangkut tentang virus corona.
e.    Pengecekan Kesahatan Masyarakat
Hal yang paling penting dari Penerapan program one doctor one village ini yaitu pengecekan  kesehatan masyarakat hal ini dilakukan secara rutin di tiap RT/RW bekerjasama dengan penyuluhan kesehatan didesa. dengan mengontrol kesehatan masyarakat dapat mampu menekan jumlah penyebaran virus corona, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hal yang terkecil yang biasa di lakukan yaitu pengecekkan suhu badan dan dilakukan pendataan gejala penyakit yang dihadapi oleh masyarakat.


f.     Melakukan Kampanye #LawanCoronaDenganCoksu
-          (C) = Cuci Tangan
Cuci tangan adalah cara yang paling efektif untuk membunuh kuman yang menempel di tangan.
-          (O) = Olahraga
Disarankan Untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus.
-          (KS) = Konsumsi Sehat
Buah banyak mengandung vitamin sedangkan sayur banyak mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan, dengan mengkampanyekan ke masyarakat tentang konsumsi sehat maka tubuh kita ataupun masyarakat setempat memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk melawan corona.
-          U = perilakU sehat
Memberikan Informasi kepada masyarakat bahwa perilaku sehat sangat berpengaruh terhadap ke tahanan tubuh dan memberikan informasi bahwa kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh
Berikut merupakan hal yang menarik yang di terapkan oleh setiap dokter dalam persebaran di setiap wilayah agar lebih efektif dalam mencegah persebaran virus corona
1.    Faktor Pendukung Program One doctor one village
a.    Tenaga Medis
Faktor utama dalam mendukung program ini yaitu dokter karena mereka merupakan aktor utama untuk mendukung program ini berjalan dengan lancar selain itu juga persebaran dokter sangat dibutuhkan untuk mengedukasi dan melakukan pengecekan terhadap masyarakat.
b.    Pemerintah
      Pemerintah juga berperan penting dalam program ini mulai menyediakan finansial pedistribusian masker dan mendukung program kerja dari Penerapan program one doctor one village.
c.    Masyarakat
Hal utama dan paling penting dalam mencegah penyebaran virus corona yaitu kesadaran masyarakat sendiri dengan kesadaran masyarakat untuk diam di rumah maka penyebaran virus tersebut akan terhenti dan juga dapat mendukung program one doctor one village.
Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa  virus corona  yang  telah menyebarluas di masyarakat dunia bahkan Indonesia dapat kita cegah dengan kesadaran dan inovasi yang dapa membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus, dengan adanya program one doctor one village mampu membantu pemerintah dalam mencegah virus corona melalui penerapan edukasi oleh dokter di setiap desa.  Yuk tetap #DiamDirumahsaja .




DAFTAR PUSTAKA

Stevens, M. P., Patel, P. K., & Nori, P. (2020). Involving Antimicrobial
Stewardship Programs in COVID-19 Response Efforts: All Hands on Deck. https://doi.org/10.1017/ice.2020.69
Zhao, D., Yao, F., Wang, L., Zheng, L., Gao, Y., Ye, J., Guo, F., Zhao, H., &
Gao, R. (2020). A comparative study on the clinical features of COVID-19 pneumonia to other pneumonias. Clinical Infectious Diseases : An Official Publication of the Infectious Diseases Society of America, ciaa247. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32161968
Tirto.id, 2020. Update terbaru jumlah penyebaran virus corona di Indonesia dan
Dunia https://tirto.id/update-corona-20-Mei-2020-di-indonesia-dunia-data-kasus-terbarueK7b
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete