Tuesday, May 12, 2020

TIM SATGAS LINTAS ORGANISASI KEPEMUDAAN KALIMANTAN BARAT BUKA POSKO DAN SALURKAN BANTUAN COVID 19



Sabtu ,09 Mei 2020 pukul  09.00-selesai WIB Satgas Lintas OKP  resmi di buka dan terbuka untuk umum posko bersama  dilanjutkan dengan menyalurankan bantuan kepada perwakilan mahasiswa  yang beralamat di Kampus Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKaTN) Pontianak Jalan Parit Haji Muksin II, Komplek Mega Mas Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini di gagas Ketua Presidium PMKRI Cabang Sungai Raya LAURENSIUS berawal dengan berkunjung ke Sekretariat Pengurus Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kubu Raya tanggal 14-3-2020 setelah diskusi melihat, mendengar dan membaca begitu bahayanya Wabah virus Covid 19 atau Carona yang menyerang dan membunuh jiwa manusia tidak berdosa di berbagai negara bahkan benua di dunia termasuk Indonesia  secara khusus di Kabupaten Kubu Raya dan sercara umum Provinsi Kalimantan Barat . 

Virus ini selain membunuh jiwa manusia juga mengancam perekonomian nasional dan Internasional yang mengakibatkan krisis global serta mengangu aktivitas sehari-hari.

Menurut data per 10 Mei 2020 dari juru BicaraGugus Tugas percepatan penanganan Covid 19. dengan total  14.032  kasus covid 19, 2.698 Pasien sembuh dan 973 korban jiwa di Kalbar menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dengan jumlah total 120  kasus covid 19, dan 12 pasien  sembuh dan 3 orang meninggal  ( 74 orang PDP,58 orang dirawat di rumah sakit tunggu hasil Laboratorium, 16 orang Isolasi  112 orang  eks PDP negatif) sedangkan di Kubu Raya Positif  14 orang dan PDP 14 orang.

Maka dari itu PMKRI Cabang Sungai Raya dan PMII Kubu Raya membangun komunikasi Para ketua Lintas OKP Kalimantan Barat secara khusus di Kabupaten Kubu Raya melalui Ketua Presidium PMKRI Sungai Raya Laurensius .

Kegiatan ini di sambut baik dan siap bergabung Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa STAKatN, Ketua Alumni STAKaTN dan Ketua Tim Turne Costantini serta mengadakan rapat pembentukan Panitia satgas bersama lintas OKP Kalbar yang di hadiri 5 Organisasi yaitu  PMKRI Cabang Sungai Raya,PMII Kubu Raya, BEM STAKatN, Ikatan Alumni STAKatN,dan Tim Turne Costantini  berdasarkan hasi musyawarah terpilih Ketua Panitia Tim satgas bersama Lintas OKP Kalimantan Barat yaitu Yohanes Krisno dari PMKRI Cabang Sungai Raya  yang juga selaku Presidium Gerakan Kemasyarakatan Periode 2019-2020

Forum juga menyepakati rapat  panitia dan program kerja wajib di hadiri semua ketua atau  perwakilan OKP atau yang mewakili untuk  menghadiri  rapat ,dalam rapat di sepakati dan putuskan  yaitu:
1. Program unggulan  Satgas Lintas OKP yaitu pengumpulan sembako selama covid 19 dan Penyemprotan disinfektan.
2. 09 Mei target pembuka Satgas dan penyaluran bantuan perwakilan mahasiswa
3. Teknis kerja .

Setelah persiapan selama satu Minggu pembuka Posko sesuai target yang di hadiri 3 OKP yaitu PMKRI Sungai Raya, BEM STAKatN dan Tim Turne Costantini.

Sebelum pembuka posko di lakukan pemyemprotan disinfektan pada jumat yang di lakukan Panitia Satgas Lintas OKP langsung di dampingi Puket III bagian Kemahasiswaan di ruangan Posko Satgas dan Asrama St.Monika STAKatN.

Tujuan kegiatan ini adalah
1. Atas  dasar panggilan bencana atau tragedi Kemanusiaan dan persaudaraan manusia seperti tertuang dalam dokumen Abu Dhabi poin .6 yang berbunyi Atas nama orang miskin ,orang papa,orang yang terpinggirkan dan mereka yang paling membutuhkan,yang Allah perintah agar kita bantu sebagai kewajiban yang dituntut dari semua orang terutama  dari mereka yang kaya dan berada.
2. Bentuk dan wujud solidaritas dan empati bagi Mahasiswa/i yang terdampar covid dan tidak bisa pulang kampung.
3.  Membantu Pemerintah dalam percepatan penanganan Covid 19 
4. Sebagai tempat dan ruang diskusi Pemuda Lintas OKP Kalbar kedepannya dalam menangapi isu-isu baik nasional maupun Intenasional berbagai problem hidup bermasyarakat,bencana dan lain-lain berkerja sama dengan pihak manapun baik swasta maupun negeri.

Ketua Satgas Lintas OKP Kalbar Covid 19  Yohanes Krisno mengatakan kegiatan berlangsung sampai dengan waktu yang tidak bisa ditentukan sampai dengan berakhir Covid 19 maka dari itu saya sebagai Ketua Tim Satgas mengajak bapak -ibu, pemuda-pemudi, saudara-saudari berbagi Kasih atau bersedekah menjadi donatur, kami dari Tim Satgas siap menyalurkan bantuan kepada mahasiswa-mahasiswi yang terdampar covid 19 dan tidak bisa pulang kampun, Panti Asuhan yang ada di Kubu Raya, dan Prasejahtera yang membutuhkan sesuai Panduan dan hasil Rapat  Panitia Tim Satgas Lintas OKP Kalbar tuturnya.

Sementara di waktu yang terpisah dalam wawancara Tim Satgas Lintas OKP Kalbar Pak Lukas Ahen mewakili lembaga  mengapresiasi, mendukung, dan mengijikan  Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak menjadi tempat Posko Satgas Lintas OKP, harapan semoga kegiatan yang sudah di rancang sesuai program Tim Satgas dapat berjalan baik sesuai Panduan Satgas Lintas OKP serta mematuhi Protokol Kesehatan dan himbauan dari Pemerintah tuturnya dalam wawancara tim satgas bersama Lintas OKP Jumat 8 Mei 2020.
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete